A the Prosedur pengelolaan surat menyurat dan kearsipan surat pada sekretariat daerah kota metro bagian organisasi

Prosedur pengelolaan surat menyurat dan kearsipan surat pada sekretariat daerah kota metro bagian organisasi

Penulis

  • wimpika vebra frandia ekonomi manajemen

Kata Kunci:

Prosedur, surat menyurat, kearsipan, bagian organisasi sekretariat daerah kota metro

Abstrak

ABSTRAK
PROSEDUR PENGELOLAAN SURAT MENYURAT DAN KEARSIPAN
SURAT PADA SEKRETARIAT DAERAH KOTA METRO BAGIAN
ORGANISASI
Penelitian ini bertujuan mengetahui Prosedur Pengelolaan Surat Menyurat Dan
Kearsipan Surat Pada Sekretariat Daerah Kota Metro Bagian Organisasi.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Metode Pengamatan
ini bersifat deskriptif, yaitu menggambarkan sarana-sarana yang dipergunakan
dalam pengelolaan surat masuk dan surat keluar. Teknik analisis data dengan
menggunakan langkah pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi
yang bersifat kualitatif, untuk mengambil kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan Pengelolaan surat masuk dan surat keluar pada
Sekretariat Daerah Kota Metro Bagian Organisasi menggunakan azaz satu pintu,
azas satu pintu adalah kepengurusan surat mulai dari penerimaan, pengecapan,
dan penomoran berada di satu tempat. Pengelolaan surat menyurat masih
menggunakan Kartu Kendali, lembar disposisi dan juga buku agenda.
Kata Kunci: Prosedur, Surat Menyurat, Kearsipan, Bagian Organisasi Sekretariat
Daerah Kota Metro.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-23

Arsip

Bagian

Artikel