M MODEL LOYALITAS PELANGGAN: SUATU EXPLORASI MEMBANGUN DETERMINASI SISTEM PENGUKURAN KINERJA STRATEGIS (KAJIAN EMPIRIS UMKM DI BANDAR LAMPUNG)
Kata Kunci:
UMKM, pengukuran kinerja strategis, model loyalitas pelanggan, bisnis diera digitalAbstrak
Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sangat besar untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia,. UMKM memiliki kontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja. Selama pandemi, kita melihat banyak UMKM terpuruk, tapi begitu kita melihat saat ini UMKM yang tadinya terpuruk sudah kembali beroperasi normal. Salah satu cara berbisnis adalah mendirikan suatu bentuk usaha.
Usaha Kuliner dipilih karena dilihat bahwa pada masa pademi usaha ini tetap dapat dijalankan walau dengan metode yang tidak biasa, masa pandemic memaksa pelku usaha dan konsumen untuk beralih ke era digital selain itu para pelaku bisnis kuliner harus menciptakan inovasi baru dan menciptakan strategi pemasaran yang dapat membuat usaha kuliner yang dibangun memiliki ciri khas yang menjadi keunggulan dalam bersaing dengan para kompetitor.
Berdasarkan fenomena tersebut penulis tertarik untuk mengkaji “Model Loyalitas Pelanggan: Suatu Explorasi Membangun Determinasi Sistem Pengukuran Kinerja Strategis (Kajian Empiris UMKM Di Bandar Lampung khususnya wilayah kecamatan Kemiling, Pahoman dan Wayhalim)”
Berdasarkan hasil uji validitas terhadap 60 responden atas instrumen pernyataan yang digunakan untuk masing-masing variabel. Tabel 4.1 diatas memperlihatkan bahwa seluruh item pernyataan memiliki nilai koefisien korelasi positif dan lebih besar daripada r tabel, r hitung > r tabel. Hal ini berarti bahwa data yang diperoleh secara keseluruhan valid dan dapat dilakukan pengujian data lebih lanjut.
Berdasarkan data pada tabel 4.2 yang meliputi Kualitas Layanan, Sisim Kinerja Stategis dan Loyalitas Pelanggan, masing- masing memiliki nilai Cronbach’ Alpha 0.727, 0,736 dan 0,614. Semua instrumen dinyatakan reliabel karena memiliki nilai Cronbach’ Alpha lebih 0,60.
Dari penelitian yg dihasilkan sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Kualitas layanan berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan, terdapat pengaruh Sistim kinerja Strategis terhadap Loyalitas Pelanggandan terdapat pengaruh secara simultan. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Kualitas Layanan dan Sistim kinerja Strategis terhadap Loyalitas Pelanggan