A Analisis Pengaruh Product, Price, Place, Promotion, Personel, Process, dan Physical Evidence Terhadap Kepuasan Pelanggan Magerjek (Transportasi Online Liwa

Penulis

  • Arya Rama Lingga Ramadan Manajemen Universitas Malahayati

Kata Kunci:

Product, Price, Place, Promotion, Personel, Process, Physical Evidence, Kepuasan Pelanggan

Abstrak

ABSTRAK
ARYA RAMA LINGGA R 19220009
ANALISIS PENGARUH PRODUCT, PRICE, PLACE, PROMOTION, PERSONEL,
PROCESS, DAN PHYSICAL EVIDENCE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN
MAGERJEK (TRANSPORTASI OJEK ONLINE LIWA)
Skripsi : Fakultas Ekonomi Dan Manajemen, 2023
Kata Kunci :
Kemajuan teknologi transportasi merupakan sarana yang sangat penting dalam mendukung
aktifitas atau mobilitas manusia dalam melakukan perjalanan atau perpindahan dari suatu
tempat ke tempat lain. Perusahaan penyedia jasa transportasi harus dipersiapkan dengan baik
seperti penggunaan kendaraan yang aman, nyaman dan pastinya memudahkan dalam
penggunanya.
perkembangan transportasi saat ini sangat dipengaruhi oleh sistem teknologi informasi dan
telekomunikasi serta pemanfaatannya yang secara langsung dan tidak langsung dapat
mempengaruhi kegiatan transportasi. Inovasi dalam pemanfaatan teknologi informasi dan
tingginya penggunaan teknologi membutuhkan suatu kebijakan dan standarisasi untuk
memaksimalkan fungsi teknologi informasi dalam bidang transportasi di Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Product, Price, Place, Promotion,
Personel, Process, dan Physical Evidence terhadap kepuasan pelanggan Magerjek
(Transportasi Ojek Online Liwa). Adapun objek yang diteliti adalah pelanggan yang
menggunakan aplikasi Magerjek di kota Liwa, Lampung Barat. Alat analisis yang digunakan
adalah uji t, uji simultan dengan uji F dan dimana pengolahan data menggunakan SPSS versi
25.
Hasil penelitian uji-t menunjukkan bahwa secara parsial product, price, personel dan process
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Magerjek. Sementara itu
place, promotion, dan physical evidence tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan
pelanggan Magerjek. Uji-F menunjukkan bahwa Product, Price, Place, Promotion, Personel,
Process, dan Physical Evidence bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan pelanggan Magerjek.

ABSTRACT

ARYA RAMA LINGGA R 19220009

Analysis Of The Influence Of Product, Price, Place, Promotion, Personnel, Process, And

Physical Evidence On Magerjek Customer Satisfaction (Liwa Online Ojek

Transportation)

Thesis : Faculty of Economics and Management, 2023

Keywords : Product, Price, Place, Promotion, Personnel, Process, Physical Evidence,

Marketing Mix, Customer Satisfaction

Advances in transportation technology are a very important means of supporting

human activity or mobility in traveling or moving from one place to another. Companies

providing transportation services must be well prepared such as the use of vehicles that are

safe, comfortable and certainly make it easy for users.

The current development of transportation is heavily influenced by information and

telecommunications technology systems and their utilization which can directly and

indirectly affect transportation activities. Innovation in the use of information technology and

the high use of technology requires a policy and standardization to maximize the function of

information technology in the transportation sector in Indonesia.

This study aims to determine the effect of Product, Price, Place, Promotion,

Personnel, Process, and Physical Evidence on Magerjek customer satisfaction (Liwa Online

Ojek Transportation). The objects studied are customers who use the Magerjek application in

the city of Liwa, West Lampung. The analysis tool used is the t test, simultaneous test with

the F test and where data processing uses SPSS version 25.

The results of the t-test research show that partially product, price, personnel and process

have a positive and significant effect on Magerjek customer satisfaction. Meanwhile place,

promotion, and physical evidence have no positive effect on Magerjek customer satisfaction.

The F-test shows that Product, Price, Place, Promotion, Personnel, Process, and Physical

Evidence together have a positive and significant effect on Magerjek customer satisfaction.

 

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-25

Arsip

Bagian

Artikel