PENGARUH OPERATING EXPENSE TO OPERATING INCOME, LEVERAGE, BOARD SIZE, FIRM SIZE, DAN FIRM AGE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PERBANKAN SYARIAH YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2013-2022

Penulis

  • Yoga Adit Ramadhani Universitas Malahayati

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Operating Expense to Operating Income, Leverage, Board Size, Firm Size, dan Firm Age terhadap kinerja keuangan perusahaan Perbankan Syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2013-2022. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2013-2022.

Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh, artinya semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Sebanyak 4 perusahaan selama 10 tahun dan total sampel sebanyak 40 data laporan keuangan tahunan. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS versi 26. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Operating Expense to Operating Income, Leverage, Firm Size, dan Firm Age berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan, sedangkan Board Size tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan.

 

Kata Kunci: Operating Expense to Operating Income, Leverage, Board Size, Firm Size, Firm Age, Kinerja Keuangan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-25

Arsip

Bagian

Artikel