A Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pendapatan Wajib Pajak, Tingkat Pendidikan, dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan (Studi Kasus Desa Sinar Harapan, Kecamatan Kedondong, Kabupaten Pesawaran)

Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pendapatan Wajib Pajak, Tingkat Pendidikan, dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan (Studi Kasus Desa Sinar Harapan, Kecamatan Kedondong, Kabupaten Pesawaran)

Penulis

  • Depi Setiya Ningsih Sinar Harapan, Kec. Kedondong, Kab. Pesawaran

Kata Kunci:

Kesadaran Wajib Pajak, Pendapatan Wajib Pajak, Tingkat Pendidikan, Sanksi Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pendapatan Wajib Pajak, Tingkat Pendidikan, dan Sanksi PajakTerhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Desa Sinar Harapan, Kabupaten Pesawaran.  Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dengan teknik pengumpulan data menyebarkan  kuesioner. Selain menyebarkan kuesioner teknik pengumpulan data yang digunakan selanjutnya dengan melakukan studi kepustakaan. Penelitian ini menggunakan 71 sampel yang merupakan masyarakat wajib pajak bumi dan bangunan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian dengan menggunkan aplikasi Smart-PLS versi 4.0 dengan analisis antara lain: Analisis Outer Model (Uji Validitas: Covergent Validity, Discriminant Validity, Uji Reliabilitas: Cronbach’s Alpha, Composite Reliability), Analisis Inner Model (Uji R-Square), Uji Hipotesis (T-Statistics: Uji Hipotesis Parsial dan Uji Hipotesis Simultan). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran wajib pajak berpengaruh negatif dan signifikan, sedangkan pendapatan wajib pajak, tingkat pendidikan, dan sanksi pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak bumi dan bangunan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-25

Arsip

Bagian

Artikel