THE EFFECT OF LAVENDER AROMATHERAPY ON REDUCING THE FREQUENCY OF EMESIS GRAVIDARUM IN FIRST TRIMESTER PREGNANT WOMEN

Penulis

  • Kristiani Samosir
  • Astriana Universitas Malahayati
  • Febriyantina Parina Universitas Malahayati
  • Susilawati Universitas Malahayati

Kata Kunci:

Emesis Gravidarum, Aromaterapi Lavender, Kehamilan Trimester Pertama

Abstrak

Latar Belakang: Mual dan muntah (emesis gravidarum) merupakan salah satu tanda awal dan gejala kehamilan yang umum terjadi pada ibu hamil pada awal kehamilan trimester pertama. Emesis gravidarum pada ibu hamil dapat menimbulkan berbagai dampak, salah satunya adalah penurunan nafsu makan yang mengakibatkan janin akan kekurangan nutrisi dan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh, hal tersebut dapat menyebabkaan berat badan lahir rendah dan terganggunya proses tumbuh kembang.
Tujuan: Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pemberian aromaterapi lavender dalam mengurangi frekuensi emesis gravidarum pada ibu hamil trimester pertama di Wilayah Kerja Puskemas Pakuan Aji Lampung Timur Tahun 2023.
Metode: Jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan pre-experimental dengan desain one group pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan di Wilayah Kerja Puskemas Pakuan Aji Lampung Timur, dengan 30 sampel menggunakan accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan skor PUQE-24 dan analisis data menggunakan paired sample T-test.
Hasil: Nilai rata-rata emesis gravidarum sebelum diberikan aromaterapi lavender 11,87 (SD 1,137) dan sesudah pemberian aromaterapi lavender 6,73 (SD 0,980). Sesudah pemberian aromaterapi lavender, responden mengalami penurunan mual muntah dari sedang menjadi ringan. Nilai beda rata-rata sebelum dan sesudah diberikan aromaterapi lavender 5,133 (SD 1,167).
Kesimpulan: Nilai pvalue 0,000<0,05 artinya ada pengaruh pemberian aromaterapi lavender dalam mengurangi frekuensi emesis gravidarum pada ibu hamil trimester pertama di Wilayah Kerja Puskemas Pakuan Aji Lampung Timur Tahun 2023.
Saran: Dengan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan edukasi dan sosialisasi kepada ibu hamil dalam mengatasi emesis gravidarum dengan teknik pengobatan non-farmakologi yaitu dengan aromaterapi lavender

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-07

Arsip

Bagian

Artikel