Uji aktivitas antibakteri ekstrak n-heksan kulit durian (durio zibethinus L.) Terhadap staphylococcus aureus dan propionibacterium acnes.

Uji aktivitas antibakteri ekstrak n-heksan kulit durian (durio zibethinus L.) Terhadap staphylococcus aureus dan propionibacterium acnes.

Penulis

  • ernisa oktaviani anafarma

Kata Kunci:

Kulit durian, Antibakteri ,Staphylococcus aureus, Propionibacterium acnes.

Abstrak

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kekayaan bahan alam yang sangat melimpah salah satunya kulit durian, kulit durian merupakan limbah yang menjadi masalah lingkungan dan masih banyak yang belum tahu kemanfaatan kulit durian.Kulit durian merupakan salah satu tanaman yang berpotensi sebagai antibakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antibakteri ekstrak n-heksan terhadap bakteri Staphylococcus aureus dan bakteri propionibakterium acnes. Sampel kulit durian diekstraksi dengan metode maserasi menggunakan pelarut n-heksana. Kemudian dievaporasi hingga didapatkan ekstrak kental. Ekstrak kental dilakukan uji antibakteri terhadap bakteri Staphylococcus aureus dan Propionibacterium acnes. Ekstrak kulit durian dibuat 2 konsentrasi yaitu konsentrasi 25%, 50%. Pada uji aktivitas antibakteri, bakteri yang digunakan yaitu Staphylococcus aureus dan Propionibacterium acnes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kulit durian dengan formulasi 25%, 50% tidak memiliki daya hambat atau dengan rata-rata 0,00 mm.

 

Unduhan

Diterbitkan

01/29/2024

Arsip

Bagian

Artikel