Pengaruh Pengaruh pijat oksitosin terhadap pengeluaran ASI pada ibu Postpartum di RS Pertamina Bintang Amin tahun 2022

PENGELUARAN ASI PADA IBU POST PARTUM DI RS PERTAMINA BINTANG AMIN TAHUN 2022

Penulis

  • cecilia dewi D4 kebidanan/ konversi

Kata Kunci:

Pijat oksitosin, Pengeluaran ASI

Abstrak

PROGRAM STUDI DIV KEBIDANAN
FALKUTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS MALAHAYATI
BANDAR LAMPUNG
SKRIPSI, AGUSTUS 2022

Cecilia Dewi

PENGARUH PIJAT OKSITOSIN TERHADAP PENGELUARAN ASI PADA IBU POST PARTUM DI RS PERTAMINA BINTANG AMIN TAHUN 2022
xiii+79 halaman, vi gambar, vii tabel, xx lampiran

ABSTRAK
Latar Belakang : Indikator kesejahteraan suatu negara salah satunya dilihat dari Angka Kematian Bayi (AKB). Berdasarkan data WHO angka kematian neonatus 12 org per 1000 KH (Kelahiran Hidup) dan Angka Kematian Balita 25 per 1000 KH.dari data ini WHO dan UNICEF menyatakan bahwa pencegahan kematian bayi adalah dengan pemberian makanan yang tepat yaitu pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan dan pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) pada usia 6 bulan bersamaan pemberian ASI lanjutan hingga usia 2 tahun atau lebih (WHO, 2020). Kendala yang sering dihadapi oleh ibu menyusui yaitu produksi dan pengeluaran ASI yang kurang, terutama pada hari-hari pertama kelahiran. Pengeluaran ASI dapat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu produksi dan pengeluaran. Produksi ASI dipengaruhi oleh hormone prolaktin, sedangkan pengeluaran oleh hormon oksitosin. Salah satu cara memperlancar pengeluaran ASI adalah dengan pijat oksitosin. Tujuan penelitian: diketahuinya pengaruh pijat oksitosin terhadap pengeluaran ASI pada Ibu postpartum.
Metode Penelitian : Jenis penelitian ini menggunakan Quasi eksperiment dengan rancangan “one group pretest- posttest without control group”. Populasi : Ibu post partum, Sampel: 20 ibu postpartum pada hari ke-3 di RS Pertamina Bintang Amin tahun 2022. Teknik sampling : Acidental Sampling, Uji yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariat dengan menggunakan uji T-test.
Hasil penelitian : yang dilakukan oleh penulis dapat dilihat bahwa dari 20 responden nilai signifikasi p=0.000< 0.05, Kesimpulan : ada pengaruh yang signifikan antara pijat oksitosin dengan peningkatan Pengeluaran ASI pada ibu post partum. Saran : kepada institusi tempat penelitian agar pijat oksitosin dapat diaplikasikan dan dijadikan standar prosedur operasional dalam penanganan masalah pengeluaran ASI pada ibu post partum.

Kata kunci : Pijat oksitosin, Pengeluaran ASI
Daftar Pustaka : 12 (2008-2021)

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-04

Arsip

Bagian

Artikel