PENGARUH PENGARUH PEMBERIAN SEDUHAN JAHE DENGAN PENURUNAN MUAL DAN MUNTAH IBU HAMIL TRIMESTER I DI PUSKESMAS CANDRA MUKTI TULANG BAWANG BARAT TAHUN 2022

PENURUNAN MUAL DAN MUNTAH IBU HAMIL TRIMESTER I DI PUSKESMAS CANDRA MUKTI TULANG BAWANG BARAT TAHUN 2022

Penulis

  • Marlina D4 Kebidanan

Kata Kunci:

Kata Kunci                  : Seduhan Jahe, Mual Muntah, Ibu Hamil

Abstrak

PROGRAM STUDI D IV KEBIDANAN

FAKULTAS ILMU KESEHATAN

UNIVERSITAS MALAHAYATI

BANDAR LAMPUNG

SKRIPSI, AGUSTUS 2022

MARLINA

 

PENGARUH PEMBERIAN SEDUHAN JAHE DENGAN PENURUNAN MUAL DAN MUNTAH IBU HAMIL TRIMESTER I DI PUSKESMAS CANDRA MUKTI TULANG BAWANG BARAT TAHUN 2022

 

Xv + 77 Halaman + 8 Tabel + 4 Bagan + 11 Lampiran

 

ABSTRAK

 

Secara psikologis, mual dan muntah selama kehamilan mempengaruhi lebih dari 80% wanita hamil serta menimbulkan efek yang signifikan terhadap quality of life. Sebagian ibu hamil merasakan  mual dan muntah merupakan hal yang biasa terjadi selama kehamilan. Sebagian lagi merasakan sebagai sesuatu  yang tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari.Tujuan  penelitian ini adalah mengetahui  pengaruh pemberian seduhan jahe dengan penurunan mual dan muntah ibu hamil trimester I di Puskesmas Candra Mukti Tulang Bawang Barat Tahun 2022.

Jenis penelitian kuantitatif,  desain penelitian metode pra eksperimental dengan pendekatan One group pretest posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu hamil trimester I yang  mengalami mual dan muntah di Puskesmas Candra Mukti Tulang Bawang Barat sebanyak 30 orang, teknik sampling purposive sampling, analisa data univariat dan bivariat menggunakan uji t-tes.

Rata-rata mual dan muntah ibu hamil trimester sebelum diberi seduhan jahe di Puskesmas Candra Mukti Tulang Bawang Barat Tahun 2022 dengan  nilai Mean 2,93 nilai Min 0 nilai Max 8. Rata-rata mual dan muntah ibu hamil trimester I sesudah diberi seduhan  jahe di Puskesmas Candra Mukti Tulang Bawang Barat tahun 2022 dengan nilai Mean 4,07 nilai Min 0 nilai Max 8. Hasil uji statistik didapatkan nilai p-value = 0.000  yang  artinya  terdapat  pengaruh  pemberian  seduhan jahe dengan penurunan mual dan muntah  ibu hamil trimester I di Puskesmas Candra Mukti Tulang Bawang Barat tahun 2022. Bagi  ibu hamil trimester 1 yang  mengalami  mual dan muntah disarankan  minum seduhan jahe untuk mengurangi mual dan muntah. Dan  untuk tenaga kesehatan hendaknya memberikan informasi pembuatan seduhan jahe dan manfaatnya bagi ibu hamil trimester 1.

 

Kata Kunci                  : Seduhan Jahe, Mual Muntah, Ibu Hamil

Daftar Pustaka            : 32 (2014-2022)

 

 

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-04

Arsip

Bagian

Artikel