PENGARUH PENGARUH KUNYIT ASAM DENGAN DISMENORE PADA WANITA PRANIKAH DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MAKARTITAMA KABUPATEN TULANG BAWANG

DISMENORE PADA WANITA PRANIKAH DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MAKARTITAMA KABUPATEN TULANG BAWANG

Penulis

  • Eni Farida D4 Kebidanan

Kata Kunci:

Kata Kunci: Disminore, Kunyit Asam, Wanita Pranikah

Abstrak

FAKULTAS ILMU KESEHATAN

PROGRAM STUDI DIV KEBIDANAN

UNIVERSITAS MALAHAYATI

BANDAR LAMPUNG        

 

SKIPSI, JULI 2022

 

ENI FARIDA

ABSTRAK

 

PENGARUH KUNYIT ASAM DENGAN DISMENORE PADA WANITA PRANIKAH DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MAKARTITAMA KABUPATEN TULANG BAWANG

 

xvii + 64 halaman + 6 Tabel + 5 Gambar + 10 Lampiran

 

Dismenore merupakan salah satu masalah ginekologi yang paling umum dialami wanita dari berbagai tingkat usia dialami oleh 30-50% wanita usia reproduksi dan 10-15%. Ada beberapa cara untuk meredakan gejala-gejala nyeri menstruasi, salah satu produk herbal yang biasa dikonsumsi dan telah familiar dimasyarakat untuk mengurangi nyeri haid adalah minuman kunyit asam. Tujuan penelitian ini pengaruh kunyit asam dengan disminor pada Wanita pranikah di wilayah kerja Puskesmas Makartitama Kecamatan Gedung Aji Baru Kabupaten Tulang Bawang.

 

Jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini wanita pranikah yang mengalami dismenore sebanyak 38 respondnen dengan sampel yang diambil 30 responden secara purposive sampling. Variabel penelitian ini kunyit asam dan disminore. Penelitian ini telah dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Makartitama Kecamatan Gedung Aji Baru Kabupaten Tulang Bawang pada tanggal 15 Maret- 15 Juli 2022. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Analisis secara univariat dan bivariat (uji wilcoxon).

 

Hasil penelitian ini diketahui rata-rata disminore pada remaja sebelum diberikan kunyit asam adalah 5,4 dan sesudah diberikan kunyit asam adalah 2,9. Ada pengaruh kunyit asam dengan disminor pada wanita pranikah di wilayah kerja Puskesmas Makartitama Kecamatan Gedung Aji Baru Kabupaten Tulang Bawang (p-value=0,000). Saran diharapkan tenaga kesehatan dapat menggunakan salah satu terapi komplementer salah satunya yaitu kunyit asam dalam pengurangan disminore wanita pranikah.

 

Kata Kunci: Disminore, Kunyit Asam, Wanita Pranikah

Kepustakaan : 38 (2011-2021)

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-04

Arsip

Bagian

Artikel