HUBUNGAN ASI EKSLUSIF, PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG GIZI DENGAN STATUS GIZI BAYI DI DESA MANDAH KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN 2022

ASI Eksklusif, Pengetahuan, Sikap Dan Status Gizi

Penulis

  • Melisa Pratiwi D4 kebidanan konversi

Kata Kunci:

-

Abstrak

Latar Belakang : Gizi merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan untuk mencapai tumbuh kembang optimal pada masa bayi. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi status gizi pada bayi, yaitu pemberian ASI, pengetahuan orang tua tentang gizi, serta sikap orang tua terhadap pentingnya gizi pada bayi. Menurut WHO (World Health Organization) tahun 2020 mendapatkan persentase bayi dengan status gizi kurang sebesar 52,4%. Indonesia merupakan urutan ke 108, persentase tertinggi adalah Provinsi Jawa Tengah (70,9%) diikuti urutan selanjutnya adalah provinsi Papua (68,0%). Status gizi Bayi dapat diukur dengan indeks berat badan per umur (BB/U), tinggi badan per umur (TB/U) dan berat badan per tinggi badan ( BB/TB). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan ASI ekslusif, pengetahuan dan sikap ibu tentang gizi anak dengan status gizi anak bayi Di Desa Mandah Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2022.

Metode Dan Analisa Data : Jenis penelitian kuantitatif, rancangan dalam penelitian ini menggunakan analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Ibu yang memiliki bayi usia 7-12 bulan yang ada di Desa Mandah Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan sejak bulan Mei – Juni 2022 di Desa Mandah berjumlah 89 responden. Dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah Accidental Sampling dengan menggunakan analisis data univariat dan bivariat menggunakan uji chi-square.

Hasil Dan Saran : Berdasarkan hasil uji statistik, didapatkan p-value ASI Eksklusif 0,020, pengetahuan 0,031 dan sikap 0,037 atau p-value < 0,05 yang artinya terdapat Hubungan ASI Ekslusif, pengetahuan dan sikap Dengan Status Gizi Bayi Di Desa Mandah Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2022. Hasil penelitian ini dapat dijadikan informasi kesehatan tentang hubungan asi ekslusif, pengetahuan dan sikap ibu tentang gizi dengan status gizi bayi, sehingga angka cakupan gizi bayi dapat tercapai.

 

Kata Kunci : ASI Eksklusif, Pengetahuan, Sikap Dan Status Gizi

Pustaka : 23 (2010 – 2021)

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-04

Arsip

Bagian

Artikel