PERBEDAAN PENYEMBUHAN LUKA PERINEUM DENGAN PEMBERIAN KAPSUL NANAS PADA IBU NIFAS DI PMB ISNAINI KHOIRUNNISA DESA SUKARAJA NUBAN LAMPUNG TIMUR TAHUN 2022

Penulis

  • ERSI SETIANI UNIVERSITAS MALAHAYATI BANDAR LAMPUNG

Kata Kunci:

Kapsul Nanas, Luka Perineum, Nifas

Abstrak

Angka kejadian luka perineum terdapat 57% yang terdiri dari 28% karena episiotomy dan 29% kerena robekan spontan. Kejadian luka perineum di PMB Isnaini Khoirunnisa rata-rata 30 orang perbulannya dan penanganannya hanya diberikan antibiotik. Luka perineum yang tidak di atasi dengan baik dapat menghambat penyembuhan luka dan mengakibatkan infeksi. Salah satu solusi bagi ibu post partum untuk mempercepat penyembuhan luka perineum selain menggunakan obat medis adalah obat non farmakologi yaitu kapsul nanas.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan penyembuhan luka perineum dengan pemberian kapsul nanas pada Ibu Nifas di PMB Isnaini Khoirunnisa Desa Sukaraja Nuban Lampung Timur Tahun 2022.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan true experiment dan Posttest only with Control Group Design.  Populasi dalam penelitian ini adalah ibu bersalin di PMB Isnaini Khoirunnisa pada bulan Juni-Juli 2022 dengan jumlah 34 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 32 orang yang terdiri dari 16 orang kelompok intervensi dan 16 orang kelompok kontrol. Teknik sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Analisis data menggunakan mann whitney.

Hasil penelitain ini menunjukkan rata-rata penyembuhan luka perineum pada ibu nifas kelompok intervensi hari ke-3 adalah 5,25, hari ke-7 adalah 1,81, dan hari ke-14 adalah 0,13. Sedangkan pada kelompok kontrol didapatkan rata-rata pada hari ke-3 adalah 6,13, hari ke-7 adalah 2,69, dan hari ke-14 adalah 1,00. Hasil uji mann whitney didapatkan p value (0,058; 0,123; 0,029).

Simpulan ada perbedaan penyembuhan luka perineum dengan pemberian kapsul nanas pada Ibu Nifas di PMB Isnaini Khoirunnisa Desa Sukaraja Nuban Lampung Timur Tahun 2022. Saran ibu postpartum dapat merawat luka perineum dengan cara menjaga kebersihan diarea luka ibu dan dapat mengkonsumsi kapsul nanas.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-04

Arsip

Bagian

Artikel