PENGARUH PRENATAL YOGA TERHADAP PENURUNAN NYERI PUNGGUNG PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DI PMB RINA IRMAWATI DESA TAMAN FAJAR PURBOLINGGO LAMPUNG TIMUR TAHUN 2022

Penulis

  • SUKMALA DEWI LAURA UNIVERSITAS MALAHAYATI BANDAR LAMPUNG

Kata Kunci:

: Prenatal Yoga, Nyeri Punggung, Ibu Hamil TM III

Abstrak

Prevalensi nyeri punggung bawah pada ibu hamil sekitar 70-86%. Penanganan non farmakologis untuk mengurangi nyeri punggung bawah selama kehamilan dapat dilakukan dengan prenatal yoga. Tujuan penelitian ini diketahui pengaruh prenatal yoga terhadap penurunan nyeri punggung pada ibu hamil trimester III di PMB Rina Irmawati Desa Taman Fajar Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur tahun 2022.

 

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan penelitian quasy experimental dengan Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh ibu hamil trimester III di PMB Rina Irmawati Desa Taman Fajar Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur pada bulan Juni-Juli 2022 dengan jumlah 46 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang yang terdiri dari 15 orang kelompok intervensi dan 15 orang kelompok kontrol yang pilih secara purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji mann whitney.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nyeri punggung pada ibu hamil sebelum melakukan prenatal yoga adalah 4,8 (nyeri sedang) dan sesudah melakukan prenatal yoga adalah 0,6 (nyeri ringan). Rata-rata nyeri punggung pada ibu hamil trimester III saat pretest pada kelompok kontrol adalah 4,6 (nyeri sedang) dan saat posttest didapatkan 0,9 (nyeri ringan). Hasil uji mann whitney didapatkan ada pengaruh prenatal yoga terhadap penurunan nyeri punggung pada ibu hamil trimester III di PMB Rina Irmawati Desa Taman Fajar Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur tahun 2022 dengan p value 0,001. Saran ibu hamil dapat rutin mengikuti kelas ibu hamil yang menyedikan prenatal yoga sebagai upaya penanganan dan pencegahan nyeri punggung.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-04

Arsip

Bagian

Artikel