HUBUNGAN POLA ASUH DENGAN STATUS GIZI BALITA DI DESA REJO KATON KECAMATAN RAMAN UTARA KABUPATEN LAMPUNG TIMUR TAHUN 2022

Penulis

  • LASMINI UNIVERSITAS MALAHAYATI BANDAR LAMPUNG

Kata Kunci:

Pola Asuh, Status Gizi Balita

Abstrak

Prevalensi kejadian gizi kurang pada anak umur 0-59 bulan di Indonesia pada tahun 2018 terdapat 13,8% dan di Provinsi Lampung terdapat 12,8% kasus. Gizi kurang pada balita menyebabkan terjadinya pertumbuhan dan perkembangan terhambat, daya tahan tubuh menurun, tingkat kecerdasan yang rendah, dan stunting. Salah satu faktor yang mempengaruhi kejadian gizi kurang pada balita yaitu pola asuh orangtua. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola asuh dengan status gizi balita di Desa Rejo Katon Kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur tahun 2022.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang memiliki balita di di Desa Rejo Katon Kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur tahun 2022 dengan jumlah 250 orang dengan sampel 71 orang. Teknik sampel yang digunakan yaitu random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan chi-square.

Hasil penelitain ini menunjukkan bahwa 41 (57,7%) responden dengan pola asuh yang baik dan 53 (74,6%) responden dengan status gizi normal. Hasil analisis bivariat didapatkan ada hubungan pola asuh dengan status gizi balita di Desa Rejo Katon Kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur tahun 2022 dengan p value 0,031. Sebaiknya setiap orangtua dapat memperbaiki pola asuh pada anaknya terutama yang berhubungan dengan kebutuhan gizi anak seperti pemberian makanan yang sehat dan tinggi kandungan gizinya.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-04

Arsip

Bagian

Artikel