the TEKNIK KNEADING MENURUNKAN TINGKAT NYERI PERSALINAN KALA I PADA IBU BERSALIN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS RAWAT INAP PENAWAR JAYA KABUPATEN TULANG BAWANG TAHUN 2023

TEKNIK KNEADING MENURUNKAN TINGKAT NYERI PERSALINAN KALA I PADA IBU BERSALIN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS RAWAT INAP PENAWAR JAYA KABUPATEN TULANG BAWANG TAHUN 2023

Penulis

  • STEVANIE STEVANIE DIV KEBIDANAN UNIVERSITAS MALAHAYATI

Abstrak

ABSTRAK
Data prasurvey yang dilakukan oleh peneliti untuk mengetahui persentase nyeri di Puskesmas Rawat Inap Penawar Jaya Kabupaten Tulang Bawang pada tiga bulan terakhir didapatkan dari 76 persalinan, 37 ibu bersalin (48,7%) dengan nyeri berat dan 39 ibu bersalin (51,3%) dengan nyeri sedang. Penggunaan massage kneading sebagai terapi relaksasi diketahui dapat meredakan nyeri karena merangsang peningkatan hormin endorphin. Tujuan penelitian ini adalah diketahui pengaruh teknik kneading menurunkan tingkat nyeri persalinan Kala I pada ibu bersalin di Wilayah Kerja Puskesmas Rawat Inap Penawar Jaya Kabupaten Tulang Bawang Tahun 2023.
Jenis penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian metode pra eksperimental dengan pendekatan one group pretest – posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah estimasi ibu bersalin yang dilihat dari jumlah kantong persalinan selama 1 bulan sebanyak 49 persalinan di wilayah kerja puskesmas rawat inap penawar jaya kabupaten tulang bawang. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 30 responden. Teknik sampling pada penelitian ini adalah purposive sampling. Analisa data univariate dan bivariate menggunakan uji t-tes dependen.
Nyeri kala I sebelum diberi Teknik Kneading dengan Mean 7,97 Min 6 Max 9 Standar Eror 0,182 Standar Deviasi 0,999. Nyeri kala I Fase sesudah diberi Teknik Kneading dengan Mean 4,70 Min 4 Max 6 Standar Eror 0,128 Standar Deviasi 0,702. Hasil uji statistik didapatkan nilai p-value= 0.000 terdapat pengaruh teknik kneading menurunkan tingkat nyeri persalinan Kala I pada ibu bersalin di Wilayah Kerja Puskesmas Rawat Inap Penawar Jaya Kabupaten Tulang Bawang Tahun 2023. Dapat digunakan sebagai masukan bagi klien agar dapat mengetahui bagaimana cara mengalihkan nyeri, nyeri dapat dihilangkan tanpa harus menggunakan obat secara medis (Farmakologi) nyeri dapat dikurangi dengan beberapa macam terapi komplementer seperti teknik kneading.
Kata Kunci : Teknik Kneading, Tingkat Nyeri, Persalinan Kala I
Daftar Pustaka : 23 (2014-2022)

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-11

Arsip

Bagian

Artikel