PENGARUH PEMBERIAN AROMATERAPI LAVENDER TERHADAP DISMENORE PADA REMAJA PUTRI DI SMP NEGERI 1 TATAKARYA KABUPATEN LAMPUNG UTARA TAHUN 2023

Penulis

  • NI WAYAN ARININGSIH UNIVERSITAS MALAHAYATI BANDAR LAMPUNG

Abstrak

Dismenore adalah nyeri yang dirasakan oleh wanita pada saat menstruasi. Umumnya pada usia 12-16 remaja putri sudah mengalami menstruasi atau disebut menarche. Gejala dismenore umumnya nyeri perut pada bagian bawah yang dapat menjalar ke punggung dan kaki bagian bawah. Lavender memiliki aroma bunga-bungaan essensial aroma terapi yang diketahui memiliki efek sedatif dan anti-neurodepresive. Menghirup lavender meningkatkan frekuensi gelombang alfa dan keadaan ini diasosiasikan dengan bersantai (relaksasi) sehingga dapat membantu pengurangi nyeri saat haid.. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh aromaterapi lavender terhadap nyeri dismenore pada remaja putri.

Jenis penelitian kuantitatif dengan pre-experiment dengan satu grup pretest-posttest. Populasi berjumlah 205 siswi. Sampel yang digunakan 30 responden. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tatakarya Kabupaten Lampung Utara. pada bulan Juni. Skala nyeri diukur dengan kuesioner VAS. Analisis data secara univariat dan bivariat (uji-t).

Hasil penelitian menunjukkan rata-rata mean skala nyeri sebelum terapi 5,80 katagori nyeri sedang setelah dilakukan terapi skor rata-rata mean menjadi 3,67 katagori nyeri ringan. Hasil uji-t didapatkan pengaruh aromaterapi lavender terhadap nyeri dismenore pada remaja putri dengan nilai (p value = 0,000 < 0,05).

Disarankan bagi pihak sekolahan bisa membantu para siswi yang mengalami dismenore dengan pemberian aromaterapi lavender.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-11

Arsip

Bagian

Artikel