PENGARUH AROMATERAPI MAWAR DENGAN PENURUNAN NYERI PERSALINAN KALA 1 DI KLINIK EDELWEIS SEPUTIH BANYAK LAMPUNG TENGAH TAHUN 2023

Penulis

  • Nurlinda Nurlinda mahasiswa
  • Endang Lestari

Kata Kunci:

Aromaterapi mawar, nyeri persalinan, kala I

Abstrak

FAKULTAS KEDOKTERAN
PROGRAM STUDI DIV KEBIDANAN
UNIVERSITAS MALAHAYATI
SKRIPSI, Juli 2023
ENDANG LESTARI
PENGARUH AROMATERAPI MAWAR DENGAN PENURUNAN NYERI PERSALINAN KALA 1 DI KLINIK EDELWEIS SEPUTIH BANYAK LAMPUNG TENGAH TAHUN 2023
xvii + 64 Halaman + 7 Tabel + 10 Gambar + 12 Lampiran
ABSTRAK
Latar belakang : Nyeri persalinan dapat menimbulkan stress yang menyebabkan pelepasan hormon yang berlebihan seperti katekolamin dan steroid. Hormon ini dapat menyebabkan terjadinya ketegangan otot polos dan vasokontriksi pembuluh darah. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan kontraksi uterus. Di Provinsi Lampung ada sebanyak 8.948 ibu hamil, dan yang mengalami nyeri persalinan dalam menghadapi persalinan ada sebanyak 5.355 orang (59,8%). Tujuan penelitian ini adalah diketahui pengaruh aromaterapi mawar dengan penurunan nyeri persalinan Kala I di Klinik Edelweis Seputih Banyak.
Metode penelitian : Jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian quasy eksperimen dengan pendekatan posttest control group design yang dilakukan dari bulan januari sampai dengan juni 2023 dengan populasi 99 ibu bersalin di Klinik Edelweis, Sampel sebanyak 30 responden yang di dapat dari tanggal 2-26 juni 2023. Teknik sampling menggunakan purposive sampling, analisa data menggunakan uji mann whitney U test.
Hasil : Nilai rata-rata nyeri persalinan kala I fase aktif pada kelompok yang diberi aromaterapi mawar sebesar 4,00. Sedangkan nilai rata-rata nyeri persalinan kala I fase aktif yang tidak diberi aromaterapi mawar sebesar 5,53. Uji statistik menggunakan mann whitney U test didapat hasil p-value = 0,000<0.05 Kesimpulan : Terdapat pengaruh aromaterapi mawar dengan penurunan nyeri persalinan Kala I di klinik edeweis seputih banyak lampung tengah tahun 2023. Saran Bagi tempat penelitian, agar dapat menggunakan terapi non farmakologis seperti aromaterapi mawar untuk menurunkan nyeri persalinan kala 1.
Kata Kunci : Aromaterapi mawar, nyeri persalinan, kala I
Daftar Pustaka : 30 (2014-2022)

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-11

Arsip

Bagian

Artikel