PENGARUH PEMBERIAN SARI KACANG HIJAU TERHADAP KELANCARAN PRODUKSI AIR SUSU IBU PADA IBU MENYUSUI DI PUSKESMAS RAJABASA INDAH KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2023

Penulis

  • rahmayuni berlian kebidanan universitas malahayati

Abstrak

ABSTRAK
Rendahnya pemberian ASI Eksklusif disebabkan oleh masalah yang dialami ibu menyusui salah satunya yaitu produksi ASI yang tidak lancar. Dampak bila pengeluaran ASI tidak lancar yaitu payudara ibu bengkak, mastitis dan bahkan abses. Payudara yang terinfeksi tidak dapat disusukan akibatnya bayi kurang mendapat ASI, sehingga bayi dapat mengalami dehidrasi, kurang gizi, ikterus, diare, dan kurangnya kekebalan tubuh bayi. Kebanyakan dari mereka yang mengalami ketidaklancaran produksi ASI disebabkan oleh faktor nutrisi. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi ketidaklancaran produksi ASI yaitu dengan mengonsumsi sari kacang hijau. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian sari kacang hijau terhadap kelancaran produksi Air Susu Ibu (ASI) pada ibu menyusui di puskesmas Rajabasa Indah Kota Bandar Lampung Tahun 2023.
Jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu menyusui eksklusif 0-6 bulan dengan keluhan ASI tidak lancar di Puskesmas Rajabasa Indah Kota Bandar Lampung Tahun 2023. Dengan menggunakan teknik purposive sampling dimana pengambilan sampel berdasarkan karakteristik responden saat dilakukan penelitian yang dalam hal ini adalah 15 responden. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari-Juli 2023. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi kelancaran produksi ASI. Analisis data secara univariat dan bivariat (uji Wilcoxon).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kelancaran produksi ASI sebelum diberikan minuman sari kacang hijau adalah 3,80 dan setelah diberikan minuman sari kacang hijau didapatkan rata-rata 9,60. Hasil uji Wilcoxon didapatkan p value 0,000<0,05 artinya adalah ada pengaruh konsumsi minuman sari kacang hijau terhadap kelancaran produksi ASI. Dengan demikian, dianjurkan bagi ibu menyusui dapat mengonsumsi sari kacang hijau sebagai alternatif untuk memperlancar produksi ASI dan bagi tenaga kesehatan dapat memberikan KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) tentang manfaat kacang hijau kepada masyarakat khususnya ibu menyusui untuk meningkatkan produksi ASI.
Kata kunci : Produksi ASI, kacang hijau, ibu menyusui Kepustakaan : 25 (2003-2022)

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-05

Arsip

Bagian

Artikel