FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN STUNTING DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PINANG JAYA TAHUN 2023

Penulis

  • Hellen Sifitri Universitas Malhayati

Abstrak

Program Studi S1 Kebidanan

Fakultas Ilmu Kesehatan

Universitas Malahayati

Juli 2023

Hellen Sifitri

 

                                                   

ABSTRAK

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN STUNTING DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PINANG JAYA

TAHUN 2023

 

xvi + 58 halaman + 13 tabel  + 8 lampiran

 

 Stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan otak pada anak yang disebabkan karena kekurangan asupan gizi dalam waktu lama, infeksi berulang, dan kurangnya dan kurangnya stimulus psikososial. Anak stunting akan memiliki tingkat kecerdasan yang tidak maksimal.  Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan anak menjadi stunting, diantaranya adalah dari faktor ibu sendiri yakni kurangnya gizi ibu selama masa kehamilan ini disebabkan karena ibu tidak tahu tentang makanan-makanan yang seharusnya dikonsumsi semasa hamil, Sedangkan angka kejadian stunting di wilayah kerja Puskesmas Pinang Jaya tahun 2021 yaitu sebesar 2,8% (15 kasus dari 530 balita), di tahun 2022 sebesar 3,6% (24 kasus dari 663 balita), sedangkan pada bulan Januari 2023 sebesar 3%  ( 21 kasus dari 686 balita ). Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian stunting di wilayah kerja Puskesmas Pinang Jaya.

 

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, menggunakan rancangan case control yang penelitian korelasional, yaitu dimana peneliti akan mengukur dua variable. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu (purposive sampling), yaitu  ibu yang mempunyai anak balita stunting pada kelompok kasus sebanyak 21 responden, dan ibu yang memiliki anak tidak stunting pada kelompok kontrol 21 responden. Variabel independent pada penelitian ini adalah Pendidikan, Asi Esklusif, Berat Badan Lahir, Pendapatan dan Pengetahuan  dan variabel dependennya adalah Stunting. Uji stastistik menggunakan uji chi Square..

 

Hasil penelitian diperoleh Ada hubungan Pendidikan Ibu dengan Stunting p value 0,029, Nilai OR 5,20, Ada hubungan ASI Esklusif dengan Stunting. p value 0,014 Nilai OR 6,2, ada hubungan Pengetahuan dengan Stunting p value 0,012 Nilai OR 6,9 dan tidak ada hubungan Berat Badan Lahir dengan Stunting  pada ibu  p value 0,408 tidak ada hubungan pendapatan  dengan Stunting p value 0,751. Disarankan bagi ibu hamil khususnya yang berisiko tinggi untuk memeriksakan kehamilannya setiap bulan,  berperilaku hidup bersih dan sehat.

 

Kepustakaan    : 11 (2011– 2022)

Kata Kunci       : Pendidikan, Asi eksklusif, pendapatan, BBl, Pengetahuan dan Stuting

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-05

Arsip

Bagian

Artikel