PENGARUH SARI KACANG HIJAU TERHADAP PENINGKATAN KADAR HEMOGLOBIN PADA IBU HAMIL TRIMESTER II DAN III DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANDAR NEGERI SUOH TAHUN 2023

Penulis

  • TRI ASTUTI RATNANINGSIH UNIVERSITAS MALAHAYATI BANDAR LAMPUNG

Abstrak

Anemia adalah salah satu kelainan darah yang umum terjadi ketika kadar sel darah merah dalam tubuh menjadi terlalu rendah. Angka kejadian anemia pada ibu hamil di Puskesmas Bandar Negeri Suoh tahun 2020 terdapat 72 kasus, tahun 2021 terdapat 85 kasus, dan tahun 2022 terdapat 87 kasus. Salah satu cara untuk membantu meningkatkan kadar hb pada ibu hamil yaitu dengan mengonsumsi sari kacang hijau. Sari kacang hijau mengandung zat besi yang berfungsi membantu dalam melakukan sirkulasi oksigen darah dan dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sari kacang hijau terhadap peningkatan kadar hemoglobin pada ibu hamil trimester II dan III di Wilayah Kerja Puskesmas Bandar Negeri Suoh tahun 2023.

 

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan pre experiment dan one group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu hamil trimester II dan III yang mengalami anemia di Wilayah Kerja Puskesmas Bandar Negeri Suoh dengan jumlah 38 orang dan sampel berjumlah 30 orang. Teknik sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan wilcoxon.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kadar hemoglobin sebelum mengonsumsi sari kacang hijau adalah 10,243 gr/dl dan sesudah mengonsumsi sari kacang hijau adalah 11,37 gr/dl. Hasil uji wilcoxon didapatkan p value 0,000 < 0,05 artinya ada pengaruh sari kacang hijau terhadap peningkatan kadar hemoglobin pada ibu hamil trimester II dan III di Wilayah Kerja Puskesmas Bandar Negeri Suoh tahun 2023. Diharapkan Ibu hamil dapat mengkonsumsi tablet Fe secara rutin dan dengan cara yang benar ditambah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi dan vitamin C seperti sari kacang hijau.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-05

Arsip

Bagian

Artikel