PENGARUH TERAPI DZIKIR TERHADAP TINGKAT KECEMASAN IBU HAMIL TRIMESTER III DALAM MENGHADAPI PERSALINAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANDAR NEGERI SUOH TAHUN 2023

Penulis

  • DAYU LINDA SARI UNIVERSITAS MALAHAYATI BANDAR LAMPUNG

Abstrak

Kecemasan pada ibu hamil trimester III juga sering disebabkan terkait persalinan dan kelahiran yang akan dihadapinya. Di Indonesia dilaporkan 28,7% yang mengalami kecemasan pada ibu hamil trimester III. Dampak buruk dari kecemasan pada ibu hamil yaitu dapat mengalami keguguran dan kelainan janin. Saat ini telah dikembangkan terapi nonfarmakologi berdasarkan Islam, yaitu dzikir. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terapi dzikir terhadap tingkat kecemasan ibu hamil trimester III dalam menghadapi persalinan di Wilayah Kerja Puskesmas Bandar Negeri Suoh Tahun 2023.

 

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan desain pre eksperimen dengan one group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu hamil trimester III di Wilayah Kerja Puskesmas Bandar Negeri Suoh bulan Juli dengan jumlah 35 orang dan sampel 30 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini adalah univariat dan bivariat dengan menggunakan Wilcoxon.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kecemasan ibu hamil trimester III dalam menghadapi persalinan sebelum diberikan terapi dzikir didapatkan 21,4 dan setelah diberikan terapi dzikir menurun menjadi 10,7. Analisis bivariat menunjukkan ada pengaruh terapi dzikir terhadap tingkat kecemasan ibu hamil trimester III dalam menghadapi persalinan dengan p value 0,000. Diharapkan petugas kesehatan terutama bidan dapat menjadikan terapi dzikir sebagai salah satu intervensi yang digunakan untuk mengurangi kecemasan ibu hamil dalam menghadapi persalinan.

 

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-05

Arsip

Bagian

Artikel