EFEKTIFITAS KONSUMSI TELUR REBUS TERHADAP PERCEPATAN PENYEMBUHAN RUPTUR PERINEUM PADA IBU NIFAS DI PMB YESI RAHMAWATI A.Md.Keb TAHUN 2023

Penulis

  • Cyrilla Nathania Gadis Andanta DIV Kebidanan Malahayati

Abstrak

ABSTRAK
EFEKTIFITAS KONSUMSI TELUR REBUS TERHADAP PERCEPATAN PENYEMBUHAN RUPTUR PERINEUM PADA IBU NIFAS
DI PMB YESI RAHMAWATI A.Md.Keb TAHUN 2023
Xvii + 50 halaman + 8 tabel + 4 bagan + 17 lampiran
Latar Belakang : Ruptur perineum yang tidak di atasi dengan baik dapat menghambat penyembuhan luka dan mengakibatkan infeksi. Di PMB Yesi Rahmawati A.Md.Keb ibu nifas yang mengalami ruptur perineum derajat dua sejumlah 36 responden. Salah satu solusi perawatan ruptur perineum adalah dengan mengkonsumsi makanan tinggi protein yaitu telur rebus. Tujuan penelitian ini adalah diketahui pengaruh telur rebus terhadap ruptur perineum di PMB Yesi Rahmawati Amd,Keb Panjang Utara.
Metode Penelitian : Jenis penelitian kuantitatif, menggunakan pendekatan quasy- ekperiment (posttest only control group design). Dilaksanakan dari Februari sampai dengan Juni di PMB Yesi Rahmawati Amd,Keb Panjang Utara.Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder dengan jumlah sampel 36 orang ibu nifas dengan ruptur perineum. Instrumen penelitian diukur dengan lembar observasi REEDA. Analisis data secara univariat dan bivariat uji-t (wilcoxon).
Hasil Penelitian : Menunjukkan nilai rata-rata mean pada kelompok intervensi adalah 6,06 masuk katagori cepat sedangkan pada kelompok kontrol rata-rata mean 8,06 masuk katagori normal. Analisa statistik dengan uji-t didapat nilai (p value = 0,000 < 0,05) dari analisa data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh telur rebus terhadap ibu nifas yang mengalami ruptur perineum. Saran : Bagi tenaga kesehatan penelitian ini diharapkan dapat dijadikan salah satu intervensi non farmakologi dalam mengatasi ruptur perineum pada ibu nifas.
Kata Kunci : Ruptur Perineum, Telur Rebus, Ibu Nifas Litelatur : 18 ( 2004 – 2022 )

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-01

Arsip

Bagian

Artikel