PENGARUH PEMBERIAN JUS NANAS TERHADAP PENURUNAN TINGGI FUNDUS UTERI PADA IBU POSTPARTUM

Penulis

  • SURYANI UNIVERSITAS MALAHAYATI BANDAR LAMPUNG

Abstrak

Background: Tinggi fundus Uteri (TFU) adalah salah satu faktor penentu kejadian sub involusio pada ibu nifas. Sub involusio adalah kemacetan atau kelambatan penurunan tinggi fundus uteri yang disertai pemanjangan periode pengeluaran lokhea atau perdarahan banyak dan tidak teratur. Kejadian sub involusio uteri di Puskesmas Bandar Negeri Suoh rata-rata perbulan berjumlah 16 kasus. Jus nanas memiliki efek yang nyata terhadap penurunan TFU. Kajian terhadap manfaat jus nanas berkaitan dengan kandungan enzim Bromelin.

Purpose: Untuk mengetahui pengaruh pemberian jus nanas terhadap penurunan tinggi fundus uteri pada ibu postpartum di Wilayah Kerja Puskesmas Bandar Negeri Suoh tahun 2023.

Methods: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu dengan rancangan quasy experiment dengan desain pretest and posttest with control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu postpartum di Wilayah Kerja Puskesmas Bandar Negeri Suoh pada bulan Juli 2023 dengan jumlah 34 orang dan sampel 30 orang yang terdiri dari 15 orang kelompok intervensi dan 15 orang kelompok kontrol. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan independent sample test.

Results: Hasil peneliitan ini menunjukkan bahwa rata-rata tinggi fundus uteri sebelum diberikan jus nanas adalah 12,807 cm dan setelah diberikan jus nanas didapatkan 5,713 cm. Kelompok kontrol didapatkan rata-rata tinggi fundus uteri sebelum diberikan intervensi adalah 12,713 cm dan setelah diberikan intervensi didapatkan rata-rata tinggi fundus uteri 7,587 cm. Hasil uji independent sample test didapatkan p value 0,000 < 0,05 artinya ada pengaruh pemberian jus nanas terhadap penurunan tinggi fundus uteri pada ibu postpartum di Wilayah Kerja Puskesmas Bandar Negeri Suoh tahun 2023.

Conclution: Ada pengaruh pemberian jus nanas terhadap penurunan tinggi fundus uteri pada ibu postpartum di Wilayah Kerja Puskesmas Bandar Negeri Suoh tahun 2023.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-30

Arsip

Bagian

Artikel