PENGARUH KEGIATAN MEWARNAI GAMBAR TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK GAYATRI KAMPUNG MEKAR JAYA KEC. PUTRA RUMBIA LAMPUNG TENGAH

Penulis

  • Niketut Purnawati D4 Kebidanan Universitas Malahayati

Kata Kunci:

Kata Kunci: Anak usia 4-5,kegiatan mewarnai gambardanperkembangan motorik halus.

Abstrak

PENGARUH KEGIATAN MEWARNAI GAMBAR TERHADAP PERKEMBANGAN
MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK GAYATRI KAMPUNG MEKAR JAYA
KEC. PUTRA RUMBIALAMPUNGTENGAH

Ni Ketut Purnawati1, Neneng Siti Lathifah2, Rosmiyati3,Ana Mariza4

1,2,3D-IVKebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Malahayati

ketutpurnawati86@gmail.com

+62 821-8350-6118

ABSTRAK

Latar belakang: Anak balita sebagai masa emas atau “golden age” yaitu insan manusia yang berusia 0-5 tahun. Kemampuan motorik halus sangat berguna bagi anak untukmenyelesaikankegiatan dalam kehidupannya terutama yang berkaitan denganketerampilan. Kemampuan motorik halus kemampuan yang membutuhkan gerakan keterampilan otot-otot kecil pada tubuh seperti keterampilan menggunakan jari jemari tangan, menggerakkan pergelangan tangan agar lentur serta koordinasi mata tangan yang baik. Penelitian ini bertujuan diketahui pengaruh kegiatan mewarnai gambar terhadap perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Gayatru Kampung Mekar Jaya Kec, Putra Rumbia Lampung Tengah

Metode : Jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Quasi eksperimendengan pendekatan two group pretest-postest desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak di TK Gayatri Kampung Mekar Jaya Kec. Putra RumbiaLampungTengahsebanyak 60 anak dengan sampel sebanyak 60 responden dibagi menjadi 2 kelompok yaitu 30 pada kelompok intervensi dan 30 pada kelompok kontrol menggunakan teknik purposive sampling.Penelitian ini telah dilaksanakan di TK Gayatri Kampung Mekar Jaya Kec. Putra RumbiaLampungTengahpada bulan April-Juli2023. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Analisis data secara univariat dan bivariat (t test).

Hasil : Hasil penelitian diketahui rata-rata perkembangan motorik sebelum dilakukan pada kelompok intervensiadalah 20,3 dan sesudah dilakukan pada kelompok intervensi adalah 36,0. Sedangkan rata-rata perkembangan motorik sebelum pada kelompok kontrol adalah 20,9 dan sesudah pada kelompok kontrol adalah 27,8. Ada pengaruh kegiatan mewarnai gambar terhadap perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Gayatri Kampung Mekar Jaya Kec. Putra Rumbia Lampung Tengah (p-value = 0,000).

Kesimpulan: Ada pengaruh kegiatan mewarnai gambar terhadap perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun.

Saran:Diharapkan dapat membantu guru dalam menentukan kegiatan yang efektif dalam meningkatkan perkembangan keterampilan anak didiknya dengan melakukan kegiatan mewarnai gambar dikarenakan kegiatan tersebut dapat melatih jari jemari anak dan merupakan kegiatan yang sangat disukai anak.

Kata Kunci: Anak usia 4-5,kegiatan mewarnai gambardanperkembangan motorik halus.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-04

Arsip

Bagian

Artikel