FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN DISMINORE PADA WANITA USIA SUBUR (WUS) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BRABASAN KABUPATEN MESUJI TAHUN 2023

Penulis

  • Margareta Novi rosalina Mahasiswa

Kata Kunci:

Disminore, Menarche, Riwayat keluarga, Status gizi, Stress, WUS

Abstrak

FAKULTAS ILMU KESEHATAN

PROGRAM STUDI DIV KEBIDANAN

UNIVERSITAS MALAHAYATI

BANDAR LAMPUNG          

SKRIPSI,     Juli 2023

MARGARETA NOVI ROSALINA

 

FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN DISMINORE PADA  WANITA USIA SUBUR (WRA) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BRABASAN KABUPATEN MESUJI TAHUN 2023

 

xvii + 85 halaman + 9 Tabel + 2 Gambar + 10  Lampiran

 

ABSTRAK

 

Latar belakang : Dismenore merupakan salah satu masalah ginekologi yang paling umum dialami wanita dari berbagai tingkat usia. Data dari WHO diketahui sebesar 1.769.425 jiwa (90%) wanita mengalami dismenorea, dengan skala nyeri berat12%, sedang37%, dan ringan49%. Berdasarkan hasil prasurvey tanggal 2-5 Februari 2023 di Puskesmas Brabasan terhadap 7 orang WRA, diketahui sebanyak 1 (15%) WRA tidak dapat melakukan aktifitas pekerjaan dirumah seperti biasa jika mengalami Haid di hari 1-2. Sebanyak 4 (60%) WRA mengalami nyeri pinggang dan kram perut bagian bawah saat hari pertama haid, sebanyak 2 (25%) WRA merasakan bagian tubuh terasa sakit, dan lelah. Penyebab dismenore antara lain stres berlebihan, menarche, status gizi, riwayat keluarga. Tujuan: Mengetahui faktor yang berhubungan dengan kejadian disminore pada WRA di wilayah Kerja Puskesmas Brabasan Kabupaten Mesuji Tahun 2023.

 

Metode penelitian :Desain penelitian kuantitatif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi seluruh WRA yang ada berjumlah 2645 WRA, dengan menggunakan rumus sampel slovin didapati sampel sebanyak 348, sampel diambil dengan teknik proportional random sampling dan sesuai dengan kriteria inklusi. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner. Analisis secara univariat dan bivariat menggunakan Chi square.

 

Hasil Penelitian :Diketahui ada hubungan stress (p-value = 0,001), status gizi (p-value = 0,001), usia menarche (p-value = 0,001), dan riwayat keluarga (p-value = 0,001) dengan kejadian dismenore pada Pada WRA. Kesimpulan: Ada hubungan  stres, status gizi, usia menarche dan riwayat keluarga dengan kejadian dismenore  pada Pada WRA. Saran: Diharapkan. bagi tenaga untuk melakukan konseling pada WUS mengenai berbagai hal khususnya mengenai sistem reproduksi seperti menstruasi, cara mengahadapi dismenore, mencegah dan lainnya.

 

Kata Kunci : Disminore, Menarche, Riwayat keluarga, Status gizi, Stress, WUS

Kepustakaan : 31 (2011-2023)

 

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-30

Arsip

Bagian

Artikel