HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN SIKLUS MENSTRUASI PADA REMAJA DI PUSKESMAS GEDUNG MENENG KABUPATEN TULANG BAWANG TAHUN 2023

Penulis

  • Sarmiyati mahasiswa

Kata Kunci:

Kata Kunci : Siklus menstruasi, status gizi, remaja

Abstrak

 

ABSTRAK

 

HUBUNGAN STATUS GIZI DAN SIKLUS MENSTRUASI PADA REMAJA DI PUSKESMAS GEDUNG MENENG

KABUPATEN TULANG BAWANG

TAHUN 2023

 

xvii + 45 halaman + 7 Tabel + 2 Gambar + 12 Lampiran

 

Masalah gizi pada remaja muncul dikarenakan asupan gizi yang belum baik, yaitu ketidakseimbangan antara asupan gizi dengan kecukupan gizi yang dianjurkan. Faktor yang dapat menyebabkan gangguan siklus mentruasi antara lain gangguan hormonal, pertumbuhan organ reproduksi, status gizi, stress, usia, dan penyakit metabolik seperti diabetes mellitus. Prevelansi pada remaja umur 13-15 di Provinsi Lampung dengan kategori sangat kurus 2,3%, kurus 6,5%, gemuk 8,9% dan obesitas 3,0% Tujuan penelitian diketahui hubungan antara status gizi dengan siklus menstruasi pada remaja di Puskesmas Gedung Meneng Kabupaten Tulang Bawang Tahun 2023.

 

Jenis penelitian ini kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh remaja di Puskesmas Gedung Meneng Tulang Bawang sebanyak 598 orang dengan sampel yang digunakan sebanyak 240 responden. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner. Analisis secara univariat dan bivariat (chi square).

 

Hasil penelitian univariat diketahui responden dengan status gizi normal sebanyak 139 (57,9%), dan nden dengan siklus menstruasi tidak normal sebanyak 121 (50,4%). Ada hubungan status gizi dengan siklus mesntruasi pada remaja di Puskesmas Gedung Meneng Kabupaten Tulang Bawang Tahun 2023 (p-value = 0,006). Saran diharapkan bagi tenaga kesehatan untuk melakukan penyuluhan pada para remaja putri untuk lebih menjaga status gizinya agar memiliki siklus menstruasi yang teratur.

 

Kata Kunci : Siklus menstruasi, status gizi, remaja

Kepustakaan : 28 (2011-2022)

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-30

Arsip

Bagian

Artikel