FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN IBU HAMIL UNTUK KUNJUNGAN ANTENATAL CARE DI PMB HASRANY SAFARI TAHUN 2023

Penulis

  • Hasrany mahasiswa

Kata Kunci:

Kata kunci : Kepatuhan, Ibu Hamil, Antenatal Care

Abstrak

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN
KEPATUHAN IBU HAMIL UNTUK KUNJUNGAN ANTENATAL CARE
DI PMB HASRANY SAFARI TAHUN 2023
xvi + 57 halaman + 9 tabel + 2 gambar + 6 lampiran
ABSTRAK
Berdasarkan data dinkes Provinsi Lampung (2020), capaian cakupan Kunjungan Pertama ANC (K1) adalah 93,6% dan cakupan kunjungan keempat (K4) adalah 89.19%. angka ini mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun 2019 cakupan K1 yang mencapai 97,4% dan cakupan K4 92,9%. Angka capaian ini masih belum memenuhi dari target nasional yaitu sebesar 100% untuk cakupan K1 dan 95% untuk cakupan k4. Menurut Kementrian RI 2016 Kunjungan ANC memperkuat kemampuan ibu dan keluarga mengenali tanda bahaya dan menerapkan perawatan selama kehamilan serta pasca persalinan dalam kehidupan sehari-hari.
Desain penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi penelitian adalah semua ibu hamil memeriksakan kehamilannya pada PMB Hasrany Safari Kota Bandar Lampung sebanyak 50 orang. Sampel penelitian adalah semua ibu hamil memeriksakan kehamilannya pada PMB Hasrany Safari Kota Bandar Lampung sebanyak 50 orang dengan menggunakan metode total sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada pengaruh umur terhadap kepatuhan ibu hamil melakukan Antenatal Care (p=0,360), Ada pengaruh paritas terhadap kepatuhan ibu hamil melakukan Antenatal Care (p=0,004), Ada pengaruh dukungan suami terhadap kepatuhan ibu hamil melakukan Antenal Care (p=0,001). Diperoleh paritas dan dukungan suami berhubungan dengan kepatuhan ibu hamil dalam melakukan Antenatal Care (ANC).
Diharapkan kepada pasangan atau suami dapat memberikan perhatian dan membina hubungan baik dengan istri yang sedang hamil serta suami dapat berperan aktif dalam memberikan dukungan pada ibu hamil untuk melakukan kunjungan ANC.
Kata kunci : Kepatuhan, Ibu Hamil, Antenatal Care
Daftar Pustaka : 37 (2014-2022)

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-30

Arsip

Bagian

Artikel