HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN TINGKAT PERKEMBANGAN ANAK USIA 1-5 TAHUN DI POSYANDU KENANGA GEDUNG MENENG TULANG BAWANG TAHUN 2023

Penulis

  • Novika mahasiswa

Kata Kunci:

Pola Asuh dan Perkembangan Balita

Abstrak

FAKULTAS ILMU KESEHATAN

PROGRAM STUDI DIV KEBIDANAN

UNIVERSITAS MALAHAYATI

BANDAR LAMPUNG

 

Skripsi, Juli 2023

Novika Fitriani

 

ABSTRAK

 

HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN TINGKAT PERKEMBANGAN ANAK USIA 1-5 TAHUN DI POSYANDU

KENANGA GEDUNG MENENG TULANG BAWANG

TAHUN 2023

 

XVI + 73 halaman + 9 tabel + 2 gambar + 10 lampiran

 

Latar Belakang: Masa-masa awal kehidupan manusia, sejak prakonsepsi, konsepsi, kehamilan, kelahiran dan bayi adalah masa fundamental yang memengaruhi kondisi periode berikutnya. Seribu hari kehidupan sangat menentukan kesehatan anak di usia selanjutnya. Masa ini merupakan window of opportunity yaitu periode emas pertumbuhan. Kerusakan pada periode ini bersifat irreversible artinya tidak dapat diperbaiki di fase kehidupan berikutnya dan akan memengaruhi outcome kesehatan pada masa anak-anak dan dewasa (Fikawati & Syafiq, 2015). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan tingkat perkembangan anak usia 1-5 tahun.

Metode penelitian: Metode penelitian yang digunakan yaitu survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah balita di posyandu kenanga gedung meneng tahun 2023 dengan jumlah sampel 94 balita. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, data dengan menggunakan univariate dan bivariate dianalisis dengan statistic Chi-Square. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah merupakan variable hasil dari perhitungan dan pengukuran yang berbentuk angka- angka (Hastono,2018).

Hasil: ada hubungan bermakna antara pola asuh orang tua dengan tingkat perkembangan anak usia 1-5 tahun di posyandu kenanga gedung meneng tulang bawang tahun 2023 dengan nilai P-value = 0,015 (P<0,05). Dari hasil analisis diperoleh nilai OR sebesar 6,3 (95% CI: 1,5- 26,6) yang artinya orang tua dengan pola asuh negative memiliki resiko 6,3 kali lebih tinggi anak balitanya mengalami perkembangan yang tidak sesuai dibandingkan dengan orang tua dengan pola asuh positif. Ada hubungan pola asuh orang tua dengan tingkat perkembangan anak usia 1-5 tahun di posyandu kenanga gedung meneng tulang bawang tahun 2023. Agar orang tua dapat meningkatkan wawasan guna menerapkan pola asuh positif yang dapat mendukung stimulasi untuk menunjang tumbuh kembang balita secara optimal. Lebih meningkatkan penyuluhan kepada masyarakat, khususnya ibu yang memiliki balita akan pentingnya pola asuh yang positif yang dapat berperan dalam meningkatkan tumbuh kembang anak.

 

Kata kunci    : Pola Asuh dan Perkembangan Balita

Kepustakaan : 15 (2012- 2021)

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-30

Arsip

Bagian

Artikel