HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN MINAT IBU DENGAN PEMILIHAN ALAT KONTRASEPSI DALAM RAHIM (AKDR) DI UPTD PUSKESMAS SUMBERJAYA LAMPUNG BARAT TAHUN 2023

Penulis

  • ELI PURWATI Mahasiswa D3 kebidanan

Kata Kunci:

elipurwati122795

Abstrak

PROGRAM STUDI DIV KEBIDANAN
UNIVERSITAS MALAHAYATI
BANDAR LAMPUNG

Skripsi, Juli 2023

Eli Purwati

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN MINAT IBU DENGAN PEMILIHAN
ALAT KONTRASEPSI DALAM RAHIM (AKDR) DI UPTD
PUSKESMAS SUMBERJAYA LAMPUNG BARAT
TAHUN 2023

xvi + 54 Halaman + 6 Tabel + 2 Gambar + 12 Lampiran

ABSTRAK

Latar Belakang : Data pengguna Akseptor Intra Uterine Device (IUD) di Puskesmas Sumberjaya Pada tahun 2021 KB Suntik 73,3%, KB pil 15,6% , KB Intra Uterine Device (IUD) 2,3%, KB Implant 7,4%, dan KB kondom 1,4% dan di tahun 2022 KB Suntik 76,0%, KB pil 15,3%, KB Intra Uterine Device (IUD) 1,2%, KB Implant 6.2%, dan KB kondom 1.3%. Penggunaan alat kontrasepsi sangat terkait dengan pengetahuan, karena alat kontrasepsi terkait dengan cara pemasangan dan kebiasaan menggunakan. Tujuan penelitian ini adalah diketahui hubungan pengetahuan dan minat ibu dengan pemilihan kontrasepsi AKDR di UPTD Puskesmas Sumberajaya Lampung Barat.
Metode Penelitian : Desaian penelitian dilakukan secara deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta KB aktif yang berada di Puskesmas Sumberjaya sebanyak 165 akseptor dengan sampel yang digunakan sebanyak 107 responden, dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Penelitian ini telah dilaksanakan UPTD Puskesmas Sumberajaya Lampung Barat.pada bulan April – Juni 2023. Pengumpulan data dengan lembar kuesioner, analisis data secara univariat dan bivariat (uji chi square).
Hasil penelitian univariat didapatkan bahwa responden dengan pengetahuan baik sebanyak 56 (52,3%), responden dengan memilih alat kontrasepsi Non AKDR sebanyak 82 (76,6%), dan responden dengan minat sebanyak 84 (78,5%) Sedangkan pada hasil bivariat diketahui bahwa ada hubungan penegtaahuan (p-value = 0,003), dan minat dengan pemilihan pemilihan kontrasepsi AKDR di UPTD Puskesmas Sumberajaya Lampung Barat (p-value = 0,031). Saran bagi petugas kesehatan Kepada petugas KB untuk meningkatkan pemberian penyuluhan kepada ibu-ibu agar tetap aktif menggunakan kontrasepsi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya penggunaan kontrasepsi terutama alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR)

Kata Kunci : Alat kontrasepsi AKDR, minat dan pengetahuan

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-30

Arsip

Bagian

Artikel