PENGARUH PIJAT BAYI TERHADAP DURASI MENYUSU PADA BAYI DI KLINIK BAROKAH MEDIKA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2023

Penulis

  • Romalia Universitas Malahayati

Abstrak

FAKULTAS ILMU KESEHATAN PROGRAM STUDI DIV KEBIDANAN UNIVERSITAS MALAHAYATI
Skripsi, 3 Agustus 2023
Romalia
PENGARUH PIJAT BAYI TERHADAP DURASI MENYUSU PADA BAYI DI KLINIK BAROKAH MEDIKA
BANDAR LAMPUNG TAHUN 2023
x + 67 halaman + 2 bagan + 6 tabel + 8 lampiran
ABSTRAK
Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan terbaik bagi bayi. Pemberian ASI eksklusif di Kota Bandar lampung baru mencapai 86% dengan sasaran 100%. Durasi menyusu yang merupakan lamanya menyusu pada bayi, didapatkan hasil prasurvei 90% bayi belum maksimal dalam menyusu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pijat bayi terhadap durasi menyusu pada bayi di Klinik Barokah Medika Bandar Lampung Tahun 2023.
Desain penelitian menggunakan quasi experiment dengan pendekatan One Group Pre-Post test Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh bayi usia 0 – 6 bulan sebanyak 52 bayi. Sampel dalam penelitian ini bayi usia 0 – 6 bulan yang lahir dan berkunjung di Klinik Barokah Medika Bandar Lampung Tahun 2023. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni sampai Juli 2023 sebanyak 30 bayi, dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, analisis data univariat dan bivariat menggunakan uji T.
Hasil penelitian yang dilakukan didapatkan rata-rata durasi menyusu bayi sebelum dilakukan pijat bayi yaitu 52,50 menit, rata-rata durasi menyusu bayi setelah dilakukan pijat bayi yaitu 65,14 menit. Hasil uji T didapatkan nilai p value 0,000 yang berarti ada pengaruh pijat bayi terhadap durasi menyusu pada bayi di Klinik Barokah Medika Bandar Lampung Tahun 2023. Saran dalam penelitian ini yaitu diharapkan kepada ibu agar dapat dilakukan pijat bayi secara mandiri dirumah dengan minimal 2 minggu sekali.
Kata Kunci : Air susu ibu, Pijat bayi, durasi menyusu Kepustakaan : 27 (2013-2022)

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-30

Arsip

Bagian

Artikel