Pengaruh pijat bayi terhadap kualitas tidur bayi udia 0-12 bulan di PMB Feby Yulistia S.Tr.Keb.,S.KM tahun 2023

Penulis

  • Maria Ulfa Alkodri Universitas malahayati

Abstrak

  1. PROGRAM STUDI DIV KEBIDANAN FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MALAHAYATI BANDAR LAMPUNG
    Skripsi, Juli 2023 Maria Ulfa Alkodri
    PENGARUH PIJAT BAYI TERHADAP KUALITAS TIDUR BAYI USIA 0-12 BULAN DI PMB FEBY YULISTIA S.Tr.Keb., S.KM TAHUN 2023
    XVi + 63 Halaman + 5 Tabel + 3 Gambar + 9 Lampiran
    ABSTRAK
    Latar Belakang : Menurut World Health Organization (WHO) tahun 2012 yang dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics mengungkapkan bahwa sekitar 33% bayi mengalami gangguan tidur. Menurut studi tahun 2004 oleh Sekartini dan Adi yang dilakukan di lima kota besar di Indonesia yakni , Jakarta, Bandung, Medan, Palembang, dan Batam 51,3% bayi mengalami gangguan tidur. Pijat bayi merupakan bentuk terapi sentuhan yang berfungsi sebagai salah satu metode perawatan terpenting bila dilakukan secara teratur dapat membantu mengubah gelombang otak yang membuat bayi tidur lebih nyenyak. Tujuan Penelitian ini adalah diketahui pengaruh pijat bayi terhadap kualitas tidur bayi usia 0 – 12 bulan di PMtB Feby Yulistia S.Tr.Keb.,S.KM Bandar Lampung
    Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan desain Quasi-Eksperimental dengan rancangan one group pretest-posttest design. Dilaksanakan dari Januari sampai Juni di PMB Feby Yulistia,S.Tr.Keb.,S.KM Bandar Lampung. Responden pada penelitian ini adalah sebanyak 30 orang bayi usia 0-12 bulan. Analisis data dengan cara analisis univariat dan bivariat menggunakan uji Wilcoxon.
    Hasil Penelitian : Hasil penelitian ini menunjukan kualitas tidur bayi usia 0-12 bulan sebelum diberikan pijat bayi rata-rata kualitas tidur bayi kurang dengan nilai 3,10, sesudah diberikan pijat bayi rata-rata kualitas tidur bayi baik dengan nilai 4,73. Hasil uji wilcoxon diperoleh nilai p-value sebesar 0,000 (<0.05) artinya terdapat perbedaan yang bermakna antara sebelum dan sesudah diberikan pijat bayi, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh pijat bayi terhadap kualitas tidur usia 0-12 bulan. Saran : Bagi tempat penelitian , dapat menjadi motivasi dan sebagai bahan tambahan mengembangkan promosi edukasi tentang pijat bayi kepada masyarakat khususnya orang tua untuk meningkatkan kualitas tidur bayi.
    Kata Kunci : Pijat bayi, kualitas tidur, bayi usia 0-12 bulan Kepustakaan : 29 (2011-2023)

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-30

Arsip

Bagian

Artikel