PENGARUH PEMBERIAN JAHE MERAH TERHADAP PENURUNAN NYERI DISMINORE PADA REMAJA PUTRI KELAS X DI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN 2023

Penulis

  • Yuwika Cahya D4 Kebidanan Malahayati

Abstrak

Dismenorea adalah nyeri perut yang berasal dari kram rahim dan terjadi selama menstruasi. Prevalensi dismenore menurut World Health Organization (WHO) (2013), dimana kejadian dismenore sebesar 1.769.425 jiwa. Angka kejadian dismenore didunia kurang lebih 50% wanita yang mengalami dismenore. Di Indonesia sendiri, angka kejadian dismenore menurut Kementerian Kesehatan RI (2016) menunjukkan bahwa sekitar 55% remaja mengalami dismenore mengaetahui pengaruh pemberian minuman jahe merah pada remaja putri kelas X di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung.

Jenis penelitian kuantitatif, dengan metode pra ekpeimental dengan pendekatan one group pretest-postest design, populasi dalam penelitian ini berjumlah 92 siswi kelas X di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung dan siswi yang mengalami nyeri disminorea sebanyak 21 siswi. Teknik sampling menggunakan purposive sampling, analisa data univariat dan bivariat menggunakan uji Wilcoxon.

Rata-rata nyeri disminorea remaja putri sebelum diberikan minuman jahe merah pada hari pertama dengan mean 43,33 yang artinya remaja putri mengalami nyeri disminorea berat hingga ringan. Pada hari ketiga pengukuran setelah diberikan minuman jahe merah nyeri disminorea remaja putri mengalami penurunan dengan mean 4,29 yang artinya menjadi nyeri ringan. Hasil uji statistic Wilcoxon di dapat nilai p-value 0,000 (<0,05) yang artinya terdapat pengaruh pemberian minuman jahe merah terhadap penurunan nyeri disminorea kelas X di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun 2023. Diharapkan remaja putri yang mengalami nyeri disminorea dapat mengonsumsi minuman jahe merah sebagai alternatif untuk mengurangi nyeri disminorea.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-11

Arsip

Bagian

Artikel