PENGARUH LATIHAN RELAKSASI PROGRESIF DENGAN PENURUNAN DISMINOREA PRIMER PADA REMAJA PUTRI DI SMP NEGRI 2 NEGERI BESAR KABUPATEN WAY KANAN TAHUN 2023

Penulis

  • siti zulaikha d4 kebidanan universitas malahayati

Abstrak

Dampak dari nyeri haid dapat mengakibatkan tergangguya konsentrasi, mempengaruhi penyebab absennya perguruan tinggi/sekolah. Penanganan dismenore dapat dilakukan secara farmakologis maupun non farmakologis. Ada beberapa alternatif penanganan secara non farmakologis salah satu penanganan yang paling praktis dilakukan adalah teknik relaksasi otot progresif, karena tidak memerlukan alat dan dapat dilakukan di segala kondisi.Teknik relaksasi otot progresif merupakan salah satu alternatif dalam menurunkan nyeri yang dilakukan dengan merilekskan ketegangan otot. Berdasarkan data pendahulu di SMP Negeri 2 Negeri Besar Kabupaten Way Kanan didapat 48 remaja putri yang mengalami nyeri haid di hari pertama sehingga mendapatkan perawatan di UKS. Tujuan penelitian ini diketahui pengaruh latihan relaksasi progresif dengan penurunan disminorea primer pada remaja putri di SMP Negri 2 Negeri Besar Kabupaten Way Kanan Tahun 2023.

Jenis penelitian kuantitatif. Desain penelitian metode pra eksperimental dengan pendekatan one group pretest posttest design. Populasi seluruh siswa remaja putri mengalami disminore sebanyak 45 orang. Sempel siswa putri yang mengalami disminore sebanyak 20 responden pada intervensi relaksasi progresif. Pengambilan sempel penelitian ini dilakukan menggunakan purposiv sampling. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negri 2 Negeri Besar Kabupaten Way Kanan pada 15 Januari 2023 sampai dengan 15 Juni 2023. Analisa data univariate dan bivariate dengan uji t-tes dependen.

Hasil penelitian dengan dengan mengunakan uji anova on way didapat nilai p-value 0,000 (<0.05) yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara pengaruh sebelum dan sesudah intervensi pada hari ke satu, hari kedua dan ke tiga. Kesimpulan terdapat pengaruh latihan relaksasi otot progresif dengan penurunan disminorea primer pada siswa putri di SMP Negri 2 Negeri Besar Kabupaten Way Kanan Tahun 2023. Saran bagi siswa remaja putri relaksasi otot progresif ini dapat dilakukan untuk mengurangi nyeri saat menstruasi.

 

Kata Kunci      : Latihan Relaksasi Progresif, Disminorea Primer, Remaja Putri

Daftar Pustaka : 38 (2014-20)

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-11

Arsip

Bagian

Artikel