EFEKTIVITAS PELVIC TILT EXERCISE TERHADAP PENURUNAN NYERI PUNGGUNG PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DI BPM NURHASANAH,S.Tr.Keb GUDANG LELANG TAHUN 2023

Penulis

  • Ai Asri massitoh Prodi DIV kebidanan Universitas Malahayati

Abstrak

ABSTRAK
EFEKTIVITAS PELVIC TILT EXERCISE TERHADAP PENURUNAN NYERI PUNGGUNG PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DI BPM NURHASANAH,STr.Keb TAHUN 2023
XV + 46 halaman + 5 table + 13 lampiran
Nyeri punggung pada ibu hamil adalah suatu respon tidak nyaman yang sering dirasakan oleh ibu hamil. Biasanya nyeri punggung muncul pada saat usia kehamilan yang memasuki 7 bulan. Nyeri punggung menjadi salah satu penyebab ketidaknyamanan pada ibu hamil dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Di Indonesia pada tahun 2018 didapatkan 68% ibu hamil mengalami nyeri punggung dengan intensitas sedang, dan 32% ibu hamil mengalami nyeri punggung dengan intensitas ringan, terdapat 373.000 ibu hamil, yang mengalami nyeri punggung dalam menghadapi persalinan sebanyak 107.000 orang (28,7%). Cara untuk mengatasi nyeri pungung dengan latihan gerakan-gerakan exercise salah satunnya dengan gerakan Pelvic Tilt Exercise. Pelvic Tilt Exercise merupakan salah satu gerakan yang aman untuk ibu hamil. Didapatkan data dari BPM Nurhasanah,STr.Keb dalam kurun waktu 3 bulan terdapat keluhan nyeri punggung pada ibu hamil trimester III.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode penelitian Quasi- Eksperimental dengan pendekatan one group pretest – posttest design. Populasi pada penelitian ini adala ibu hamil timester III yang mengalami nyeri punggung dan sampel pada penelitian ibu hamil trimester tiga yang mengalami nyeri punggung dengan besar sampel 30 responden. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunaka tekhnik accidental sampling dan alat ukur yang digunakan adalah Visual Analog Scale.
Didapatkan hasil rata rata penurunan pada nyeri punggung setelah dilakukan pelvic tilt exercise sebanyak 15.00 dengan jumlah rata rata 435.00. Dan hasil dari asymp sig 2 tealied yaitu .000 dimana hasil P value < 0,05 yang hasilnya Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada pengaruhunya pelvic tilt exercise dengan penurunan rasa nyeri punggung pada ibu hamil trimester III.
Bagi tempat penelitian, agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan Kesehatan khususnya pada ibu hamil trimester III yang mengalami nyeri punggung.
Kata kunci : Nyeri Punggung, Pelvic Tilt Exercise, Kehamilan Trimester III Kepustakaan : 28 (2002-2019)

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-04

Arsip

Bagian

Artikel