pengaruh aromaterapi lemon terhadap penurunan nyeri dismenore pada siswi SMA Negeri 1 Metro Tahun 2023

Penulis

  • Rusiana anggu Puspita sari Fakultas ilmu Kesehatan prodi d4 kebidanan universitas Malahayati

Abstrak

PROGRAM STUDI SARJANA KEBIDANAN

FAKULTAS ILMU KESEHATAN

UNIVERSITAS MALAHAYATI

 BANDAR LAMPUNG

 

SKRIPSI, JULI 2023

RUSIANA ANGGUN PUSPITASARI

 

Pengaruh Aromaterapi Lemon Terhadap Penurunan Nyeri Dismenore Pada Siswi SMA NEGERI 1 Metro Tahun 2023

 

. xvii + 37 Halaman + 5 Tabel + 3 Gambar + 10 Lampiran

 

ABSTRAK

Latar Belakang: Hasil survey pendahuluan di tiga SMA kota Metro didapat angka prevelensi dismenore pada MAN Metro sebanyak 72,5% siswi yang mengalami dismenore dan pada SMA Negeri 3 Metro sebanyak 63%, dan SMA Negeri 1 Metro 85%, dari hasil perbandingan ketiga sekolah tersebut siswi SMA Negeri 1 Metro memiliki angka prevalensi tertinggi, dengan nyeri ringan (61,7%), nyeri sedang (21%), dan nyeri berat (6,4%). Tujuan Penelitian: bertujuan untuk mengetahui Prngaruh Pemberian Aromaterapi terhadap nyeri haid (dismenore) pada Siswi SMA NEGERI 1 Metro Tahun 2023

Metodelogi Penelitian : jenis penelitian ini adalah preEksperimen dengan rancangan metode penelitian one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswi yang mengalami dismenore berjumlah 30 orang di SMA Negri 1 Metro, teknik sampling yang digunakan adalah Purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar ceklist VAS (Visual analog scale). Analisis data menggunakan uji Wilcoxon.

Hasil : bahwa nilai rata-rata tingkat Nyeri Disminore sebelum di berikan aromaterapi lemon yaitu 5.2333 dan rata-rata tingkat Nyeri Disminore sesudah di berikan aromaterapi lemon yaitu 31000 dari 30 responden. Hasil uji statistik didapatkan adanya penurunan yang signifikan antara mean intensitas nyeri disminore sebelum dan sesudah berikan aromaterapi lemon dimana p-value 0.000 lebih kecil dari nilai alpha (p < α (0.05)

Kesimpulkan: bahwa terdapat pengaruh pemberian aromaterapi lemon terhadap tingkat nyeri dismenore pada siswi. Saran: diharapkan siswi SMA Negri 1 Metro yang mengalami dismenore dapat menggunakan aromaterapi lemon untuk mengurangi tingkat nyeri dismenore.

Kata Kunci      : Aromaterapi Lemon, Nyeri Dismenore

Daftar Pustaka: 17 (2014-2022)

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-04

Arsip

Bagian

Artikel