HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI IUD DENGAN KEPUTIHAN PATOLOGIS PADA AKSEPTOR KB IUD DI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS KEBUN TEBU KABUPATEN LAMPUNG BARAT TAHUN 2023

Penulis

  • Anantama Ghazianni Prodi DIV Kebidanan Universitas Malahayati

Abstrak

FAKULTAS ILMU KESEHATAN

PROGRAM STUDI DIV KEBIDANAN

UNIVERSITAS MALAHAYATI

BANDAR LAMPUNG

SKRIPSI,        Agustus 2023

ANANTAMA GHAZIANNI

 

HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI IUD

DENGAN KEPUTIHAN PATOLOGIS PADA AKSEPTOR KB IUD

 DI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS KEBUN TEBU

KABUPATEN LAMPUNG BARAT

TAHUN 2023

 

xvii + 59 Halaman + 7 Tabel + 2 Gambar + 9 Lampiran

 

ABSTRAK

Latar Belakang: Berdasarkan hasil laporan KB tahun 2022 diperoleh data penggunaan Alat Kontrasepsi dari 3.199 PUS KB IUD sebesar 3,2%. Dari data yang diperoleh oleh penulis ditemukan adanya keputihan patologis pada pengguna KB IUD. Tujuan penelitian ini adalah diketahui Hubungan Lama Penggunaan Alat Kontrasepsi IUD Dengan Keputihan Patologis Pada Akseptor KB IUD Di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Kebun Tebu Kabupaten Lampung Barat Tahun 2023.

Metode Penelitian: Jenis penelitian kuantitatif, desain penelitian menggunakan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh akseptor KB IUD. Sampel sebanyak 102 orang, teknik sampling adalah total sampling. Analisa data menggunakan univariat dan analisa bivariate menggunakan uji chi square.

Hasil: Diketahui sebanyak 18 responden (17,6%) dengan lama penggunaan KB IUD ≤ 2 bulan mengalami keputihan fisiologis dan sebanyak 26 responden (25,5%) dengan lama penggunaan KB IUD > 2 bulan mengalami keputihan fisiologis. Sebanyak 11 responden (10,8%) dengan lama penggunaan KB IUD ≤ 2 bulan mengalami keputihan patologis dan sebanyak 47 responden (46,1%) dengan lama penggunaan KB IUD > 2 bulan mengalami keputihan patologis. Hasil uji statistik didapatkan nilai P-value= 0,027 yang artinya ada hubungan lama penggunaan alat kontrasepsi IUD dengan keputihan patologis di wilayah kerja UPTD Puskesmas Kebun Tebu Kabupaten Lampung Barat Tahun 2023.

Saran:  Diharapkan tenaga kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Kebun Tebu agar meningkatkan pemberian penyuluhan kepada akseptor KB IUD tentang keputihan patologis serta dapat menerapkan pemeriksaan kadar pH pada keputihan menggunakan kertas pH guna membantu menegakkan diagnosa keputihan patologis.

 

Kata Kunci                 : Alat Kontrasepsi IUD, Keputihan Patologis, Kertas pH

Daftar Pustaka            : 20 (2010-2021)

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-11

Arsip

Bagian

Artikel