PENGARUH PROMOSI KESEHATAN DENGAN MEDIA BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG PENANGANAN DISMENORE DI SMA NEGERI 1 METRO LAMPUNG

Penulis

  • Dwi Ary Nugraheni Prodi DIV kebidanan universitas Malahayati

Abstrak

PROGRAM STUDI DIV KEBIDANAN

FAKULTAS ILMU KESEHATAN

UNIVERSITAS MALAHAYATI

BANDAR LAMPUNG

 

Skripsi, Juli 2023

Dwi Ary Nugraheni

ABSTRAK

 

PENGARUH PROMOSI KESEHATAN DENGAN MEDIA BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG PENANGANAN DISMENORE DI

SMA NEGERI 1 METRO LAMPUNG

 

XIV + 70 halaman + 5 tabel + 2 gambar + 10 lampiran

 

 

Latar Belakang: Pada  remaja putri saat mengalami  pubertas akan mengalami  menstruasi, beberapa remaja putri mengalami nyeri dismenorea. Kejadian dismenorea di Indonesia mencapai 64,25%. Alasan penelitian ini dilakukan karena masih kurangnya pengetahuan remaja tentang penanganan dismenorea yang baik. Remaja putri cenderung menggunakan tindakan farmakologi untuk pengobatan akibatnya selain mengalami ketergantungan pereda nyeri, aktivitas belajar remaja putri terganggu bahkan terpaksa absen.  Tujuan penelitian ini adalah diketahui pengaruh promosi kesehatan menggunakan media booklet terhadap pengetahuan remaja tentang penanganan dismenore di SMA Negeri 1 Metro Lampung.      

Metode Penelitian: Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan rancangan penelitian one group pre test-post test design. Dilaksanakan pada bulan Juli 2023 di SMA Negeri 1 Metro dengan jumlah sampel sebanyak 55 siswi yang didapatkan dengan teknik proportional random sampling. Alat ukur menggunakan kuesioner. Analisa  data  dilakukan  dengan  menggunakan  uji  Kolmogorov-Smirnov dan  uji statistik  menggunakan  uji  Wilcoxon.

Hasil Penelitian: Hasil uji normalitas Kolmogorov-Smirnov nilai p (0,000) < ɑ (0,05).  Rata – rata nilai sebelum promosi kesehatan dengan media booklet adalah 69 dan setelah promosi kesehatan dengan media booklet  adalah 84. Hasil analisis bivariat menggunakan uji wilcoxon menunjukkan nilai Z adalah -6.584. Nilai asymp.Sig 0.000 maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh promosi kesehatan dengan media booklet terhadap tingkat pengetahuan remaja putri tentang penanganan dismenore didapati selisih nilai pre test dan post test sebesar 15.  Diharapkan pembentukan konseling remaja terkait masalah dismenore yang dialami remaja puteri dengan tenaga medis.

 

Kata Kunci: Promosi kesehatan, Media booklet, Pengetahuan Remaja Putri, Dismenorea.

 

Kepustakaan: 28 (2008-2023)

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-11

Arsip

Bagian

Artikel