EFEKTIFITAS PENYULUHAN KESEHATAN REPRODUKSI TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PASANGAN CALON PENGANTIN DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN WAY HALIM BANDAR LAMPUNG TAHUN 2023

Penulis

  • Melia Triana DIV Kebidanan

Abstrak

FAKULTAS ILMU KESEHATAN

PROGRAM STUDI DIV KEBIDANAN

UNIVERSITAS MALAHAYATI

BANDAR LAMPUNG          

 

Skripsi, Agustus 2023

 

Melia Triana

 

EFEKTIFITAS PENYULUHAN KESEHATAN REPRODUKSI TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PASANGAN CALON PENGANTIN DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN WAY HALIM BANDAR LAMPUNG TAHUN 2023

 

xvi + 69  halaman + 9 tabel + 6 gambar + 10 lampiran

ABSTRAK

Dalam lingkup kesehatan reproduksi, kesehatan ibu selama kehamilan, persalinan dan nifas menjadi masalah utama kesehatan reproduksi perempuan. Dari profil kesehatan Puskesmas Way Halim Tahun 2022 sebanyak 69 (5,6%) ibu hamil mengalami anemia, 38 (3%) mengalami Kekurangan Energi Kronik (KEK) dan 5 bayi lahir dengan berat lahir rendah (BBLR). Dalam peningkatan kesehatan sebelum hamil, persiapan kondisi fisik, mental dan sosial harus dipersiapkan oleh pasangan calon pengantin sebagai pasangan yang akan memasuki gerbang pernikahan yang sangat memerlukan informasi tentang kesehatan reproduksi yaitu salah satunya melalui penyuluhan kesehatan reproduksi. Penelitian ini bertujuan diketahuinya efektifitas penyuluhan kesehatan reproduksi terhadap pengetahuan dan sikap pasangan calon pengantin di Kantor Urusan Agama Kecamatan Way Halim Bandar Lampung Tahun 2023.

 

Jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pretest-posttest eksperimen. Sampel yang digunakan sebanyak 30 calon pengantin menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini telah dilaksanakan di KUA Kecamatan Way Halim bulan Juli 2023. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner. Analisis data secara univariat dan bivariat (uji Wilcoxon dan Paired sampel t-test).

 

Hasil penelitian diketahui rata-rata pengetahuan sebelum diberikan penyuluhan kesehatan reproduksi adalah 58,33 dan setelah diberi penyuluhan adalah 83,67 sedangkan sikap calon pengantin sebelum diberikan penyuluhan adalah 75,12 dan setelah diberi penyuluhan adalah 86,19. Penyuluhan kesehatan reproduksi efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap pasangan calon pengantin di KUA kecamatan Way Halim Bandar lampung tahun 2023 dengan nilai (p-value = 0,000).

Semua pasangan calon pengantin hendaknya mengikuti kegiatan penyuluhan kesehatan reproduksi bagi calon pengantin untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap tentang kesehatan reproduksi.

 

Kata Kunci : pengetahuan, sikap, penyuluhan kesehatan reproduksi, calon pengantin

Kepustakaan : 22 (2010 – 2022)

 

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-04

Arsip

Bagian

Artikel