Pengaruh Pemberian Ikan Gabus Terhadap Penyembuhan Luka Perinium Pada Ibu Nifas di PMB Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Ulak Rengas Tahun 2023

Pengaruh Pemberian Ikan Gabus Terhadap Penyembuhan Luka Perinium Pada Ibu Nifas

Penulis

  • Russnawati Russnawati D4 Kebidanan Malahayati

Kata Kunci:

ikan gabus, penyembuhan luka perinium, ibu nifas

Abstrak

PENGARUH PEMBERIAN IKAN GABUS TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA PERINIUM PADA IBU NIFAS DI PMB WILAYAH KERJA UPTD

PUSKESMAS ULAK RENGAS TAHUN 2023

 

xvi + 67 halaman + 11 tabel + 7 gambar + 11 lampiran

 

ABSTRAK

 

Latar Belakang : Luka perinium adalah robekan yang terjadi di daerah perinium atau sengaja di episiotomi untuk mempermudah kelahiran bayi. Di Lampung pada tahun 2019 terdapat 5% ibu post partum yang mengalami infeksi karena luka perinium. Memperbaiki asupan makanan tinggi protein  dapat mempercepat penyembuhan luka. Salah satu makanan tinggi protein yaitu ikan gabus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian ikan gabus terhadap penyembuhan luka perinium pada  ibu  nifas di PMB Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Ulak Rengas.

Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan Quasi Eksperiment dan desain two group post test only design dilaksanakan di PMB wilayah kerja UPTD Puskesmas Ulak Rengas. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder dengan jumlah sampel 30 orang yang mengalami luka perinium derajat 1 dan 2. Penelitian ini menggunakan kelompok Intervesi dan kelompok kontrol. Teknik sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan univariat dan bivariat (independen sample test).

Hasil penelitian : Didapatakan nilai  rata-rata kelompok intervensi (kelompok yang diberikan ikan gabus) sebesar 1,60, dengan skor Reeda minimal 0 dan skor maksimal 4. Pada ada kelompok kontrol didapatkan rata-rata 3,93 dengan skor Reeda minimal 1 dan maksimal 6. Hasil uji independent sample test didapatkan p value 0,000 < 0,05 artinya ada pengaruh pemberian ikan gabus sebagai penyembuhan luka perineum pada ibu nifas. Saran : Ibu nifas dapat merawat luka perineum dengan cara menjaga kebersihan di area luka ibu dan mengkonsumsi sumber protein yang tinggi yaitu ikan gabus dengan cara dikukus.

 

Kata Kunci    : Ikan Gabus, Penyembuhan Luka Perinium, Ibu nifas

Kepustakaan : 23 (2012-2023)

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-04

Arsip

Bagian

Artikel