THE EFFECT OF GIVING ALOE VERA C PENGARUH PEMBERIAN KOMPRES LIDAH BUAYA TERHADAP NYERI PAYUDARA PADA IBU YANG MENGALAMI BENDUNGAN ASI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TANJUNG BINTANG TAHUN 2023

PENGARUH PEMBERIAN KOMPRES LIDAH BUAYA TERHADAP NYERI PAYUDARA PADA IBU YANG MENGALAMI BENDUNGAN ASI

Penulis

  • WAWAT MIKE DELISTRIANI DELISTRIANI D4 kebidanan konversi malahayati

Kata Kunci:

Bendungan ASI, Kompres Lidah Buaya, Nyeri Payudara

Abstrak

Pembengkakan payudara dapat menyebabkan ibu menghentikan proses menyusui karena payudara terasa sakit, tidak nyaman saat menyusui, dan mengganggap jika payudara bermasalah maka proses menyusui dihentikan agar tidak menularkan penyakit kepada anaknya. Pada tahun 2022 terdapat ibu nifas yang mengalami bendungan ASI sebanyak 95.698 orang, serta pada tahun 2023 ibu yang mengalami bendungan ASI sebanyak 76.543 orang. Hal ini disebabkan karena kesadaran masyarakat dalam mendorong peningkatan pemberian ASI masih relatif rendah. Bendungan ASI dapat disembuhkan melalui obat herbal, salah satu tanaman yang memiliki khasiat obat adalah lidah buaya. Lidah buaya memiliki kandungan anthraquinone yang mengandung aloin dan emodin yang dapat berfungsi sebagai analgesik. Tujuan penelitian ini adalah diketahui pengaruh pemberian kompres lidah buaya terhadap nyeri payudara pada ibu yang mengalami bendungan ASI di Wilayah Kerja Puskesmas Tanjung Bintang Tahun 2023.

Jenis penelitian kuantitatif, desain penelitian metode pra eksperimental dengan pendekatan One group pretest posttest design, Populasi pada bulan Januari-Februari 2023 sebanyak 63 ibu nifas dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 39 orang yang dipilih berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi, teknik sampling menggunakan purposive sampling. Analisa data univariat dan bivariat menggunakan uji wilcoxon.

Rata-rata nyeri pada ibu yang mengalami bendungan ASI sebelum diberi kompres lidah buaya dengan mean 4,00 dengan kategori nyeri sedang, skor nilai terendah 3 nyeri sedang dan skor nilai tertinggi 6 berat. Rata-rata nyeri pada ibu yang mengalami bendungan ASI sesudah diberi kompres lidah buaya dengan mean 0,77 dengan kategori tidak nyeri, skor nilai terendah 0 tidak nyeri dan skor nilai tertinggi 2 nyeri ringan. Hasil uji statistik menggunakan uji wilcoxon didapatkan nilai r value = 0,000 (<α0,05) yang artinya ada pengaruh pemberian kompres lidah buaya terhadap nyeri payudara pada ibu yang mengalami bendungan ASI di Wilayah Kerja Puskesmas Tanjung Bintang Tahun 2023. Diharapkan kepada petugas kesehatan agar dapat memberikan penyuluhan dan informasi yang baik tentang manfaat pengobatan non farmakologi dalam menangani masalah nyeri bendungan ASI pada ibu post partum.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-04

Arsip

Bagian

Artikel