PENGARUH PIJAT BAYI TERHADAP KUALITAS TIDUR BAYI USIA 3-6 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MENGGALA TAHUN 2023

PENGARUH PIJAT BAYI TERHADAP KUALITAS TIDUR BAYI USIA 3-6 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MENGGALA TAHUN 2023

Penulis

  • DEVI PERMATA SARI universitas Malahayati

Kata Kunci:

Pijat bayi, kualitas tidur, dan bayi usia 3-6 bulan

Abstrak

Pijat bayi dapat menurunkan angka morbiditas, pemijatan pada bayi bermanfaat untuk meningkatkan berat badan bayi, meningkatkan pertumbuhan, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan produksi ASI, memperbaiki sirkulasi darah dan pernapasan serta meningatkan kualitas tidur. Jumlah bayi usia 3-6 bulan di puskesmas menggala pada tahun 2022 berjumlah 45 bayi, dari data tersebut didapat 35 bayi yang mengalami gangguan tidur. Tujuan penelitian ini adalah diketahui pengaruh pijat bayi terhadap kualitas tidur bayi usia 3-6 bulan di wilayah kerja Puskesmas Menggala Tahun 2023.

 

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan pra eksperimen dengan pendekatan one group pretest and posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah ruh bayi usia 3-6 bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Menggala sebanyak 45 bayi dengan sampel yang digunakan sebanyak 30 bayi menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian telah dilakukan di Wilayah Kerja Puskesmas Menggala pada bulan Juli –Agustus 2023. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Analisis data secara univariat dan bivariat uji t (t-test)

 

Hasil penelitian didapatkan rata-rata lama tidur bayi usia 6-3 bulan sebelum diberikan pijat bayi adalah 49,9 dan sesudah diberikan pijat bayi adalah 87,4. Ada pengaruh pijat bayi terhadap kualitas tidur bayi usia 3-6 bulan di wilayah kerja Puskesmas Menggala Tahun 2023 (p-value = 0,000).  

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-04

Arsip

Bagian

Artikel