PENGARUH PEMBERIAN VIRGIN COCONUT OIL (VCO) TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA PERINEUM PADA MASA POST PARTUM DI PMB ERMA YUNITA DESA SINAR JAYA TAHUN 2023

PENGARUH PEMBERIAN VIRGIN COCONUT OIL (VCO) TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA PERINEUM PADA MASA POST PARTUM DI PMB ERMA YUNITA DESA SINAR JAYA TAHUN 2023

Penulis

  • vamela retnani universitas Malahayati

Kata Kunci:

Luka perineum, Postpartum, Virgin Coconut Oil (VCO)

Abstrak

Luka Perineum dapat menyebabkan perdarahan post partum, dikarenakan terjadi regangan jalan lahir yang berlebihan. perdarahan postpartum menjadi penyebab utama 40% kematian ibu. Upaya untuk mempercepat penyembuhan luka perineum dapat menggunakan VCO. Tujuan penelitian diketahui pengaruh pemberian virgin coconut oil terhadap penyembuhan luka perineum pada masa post partum di BPM  Erma Yunita Desa Sinar Jaya tahun 2023.

       Jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Quasi eksperimen dengan pendekatan two group postest desain. Populasi dalam penelitan ini adalah Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu Post partum di PMB Erma Yunita sebanyak 34 rsponden dengan sampel yang digunakan sebanyak 30 responden diamana dibagi menjadi 2 kelompok 15 kelompok intervensi dan 15 kelompok kontrol, menggunakan. purposive sampling. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Mei 2023 di BPM  Erma Yunita Desa Sinar Jaya Tahun 2023. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Analisis data menggunakan univariat dan bivariat dengan uji wilxocon.

      Univariat diketahui rata-rata score reeda penyembuhan luka perineum pada kelompok intervensi hari ke- 1 adalah 12,3 dan pada hari ke 6 adalah 1,9, sedangkan rata-rata score reeda penyembuhan luka perineum pada kelompok kontrol hari ke 1 adalah 12,5 dan pada hari ke 6 adalah 2,9. Ada pengaruh pemberian Virgin Coconut Oil (VCO) terhadap penyembuhan luka perineum pada masa post partum di PMB Erma Yunita Desa Sinar Jaya (p-value = 0,001). Saran bagi diharapkan ibu postpartum dapat menjadikan VCO sebagai salah satu pengobatan komplementer luka perineum.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-04

Arsip

Bagian

Artikel