EFEKTIVITAS BIRTH BALL DAN LATIHAN PERNAFASAN DENGAN PENURUNAN NYERI PERSALINAN KALA I DI PMB WILAYAH KERJA PUSKESMAS MATARAM BARU KABUPATEN LAMPUNG TIMUR TAHUN 2023

Penulis

  • JUWITA mahasiswa

Kata Kunci:

Keywords : Nyeri Kala I, Birth Ball, Latihan Pernafasan

Abstrak

ABSTRAK

 

Pendahuluan : Data 10 Praktik Mandiri Bidan Wilayah Kerja Puskesmas Mataram Baru Kabupaten Lampung Timur, dengan tafsiran persalinan pada bulan Juli tahun 2023 sebanyak 60 persalinan. Hasil survey  diketahui dari 7 ibu mengalami nyeri persalinan pada saat memasuki kala I fase aktif ataupun kala I fase laten, hal ini menyebabkan ibu mengalami cemas, histeris, dan emosional, dan berdampak pada lama waktu persalinan. Metode yang  dilakukan untuk mengurangi nyeri  yaitu dengan birth ball dan latihan pernafasan yang merupakan cara nonfarmakologis untuk mengatasi nyeri persalinan  juga meningkatkan komponen perawatan sikologi dan emosional.

Tujuan : Tujuan penelitian ini adalah diketahui efektivitas birth ball dan latihan pernafasan dengan penurunan nyeri persalinan kala I di Wilayah Kerja Puskesmas Mataram Baru Kabupaten Lampung Timur Tahun 2023.

Metode : Jenis penelitian kuantitatif, rancangan penelitian quasy eksperimen design, menggunakan  prettes-posttes with control group design. Populasi adalah Ibu bersalin di bulan Juli tahun 2023 berjumlah 60 orang. Sampel penelitian ibu bersalin pada kelompok intervensi 15 responden, dan kelompok kontrol 15 responden. Tehnik sampling purposive  samping, penelitian telah dilakukan pada bulan februari s/d juli 2023. Analisa data univariat dan bivariat menggunakan uji man witney

Hasil : Rata-rata nyeri persalinan pada kelompok yang diberi birthing ball dan latihan pernafasan dengan nilai pretes mean 88,73. Nilai postes mean 32,93.Rata-rata nyeri persalinan pada kelompok yang tidak diberikan intervensi dengan nilai mean 72,80 dan setelah dilakukan pengukuran kedua dengan mean 89,27. Hasil uji statistik didapatkan nilai P-value= 0,000 terdapat efektivitas birth ball dan latihan pernafasan dengan penurunan nyeri persalinan kala I di Wilayah Kerja Puskesmas Mataram Baru Kabupaten Lampung Timur Tahun 2023..

Kesimpulan : terdapat efektivitas birth ball dan latihan pernafasan dengan penurunan nyeri persalinan kala I di Wilayah Kerja Puskesmas Mataram Baru Kabupaten Lampung Timur Tahun 2023..

Keywords : Nyeri Kala I, Birth Ball, Latihan Pernafasan

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-04

Arsip

Bagian

Artikel