PENGARUH PEMBERIAN JUS BUAH BIT DENGAN KENAIKAN HB REMAJA PUTRI DI SMK GUNA DHARMA KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2023

Penulis

  • sera agustina universitas malahayati

Abstrak

FAKULTAS ILMU KESEHATAN PROGRAM STUDI DIV KEBIDANAN UNIVERSITAS MALAHAYATI BANDAR LAMPUNG

 

SKRIPSI,                        Agustus, 2023 SERA AGUSTINA

PENGARUH PEMBERIAN JUS BUAH BIT DENGAN KENAIKAN HB REMAJA PUTRI DI SMK GUNA DHARMA KOTA BANDAR LAMPUNG

TAHUN 2023

 

xvii + 54 Halaman + 7 Tabel + 4 Bagan + 10 Lampiran

 

ABSTRAK

 

Anemia gizi besi dapat menyebabkan penurunan kemampuan fisik, produktivitas kerja, dan kemampuan berpikir. SMK GUNA DHARMA Kota Bandar Lampung didapatkan populasi tertinggi remaja putri dengan anemia sebanyak 92 remaja putri dan

30 remaja putri di antaranya mengalami anemia (31,5%) berdasarkan hasil cek laboratorium dan ciri-ciri pada saat pemeriksaan fisik. Selain itu, berdasarkan dari hasil wawancara, remaja putri mengatakan tidak pernah mengonsumsi obat atau makanan yang dapat membantu menambah darah secara rutin. Tujuan penelitian ini adalah diketahui pengaruh pemberian jus buah bit dengan kenaikan Hb remaja putri di SMK Guna Dharma Kota Bandar Lampung Tahun 2023.

Jenis penelitian kuantitatif. Rancangan penelitian pra eksperimental dengan pendekatan one group pretest – posttest design. Populasi remaja putri kelas 1 dan 2 di SMK Guna Dharma Kota Bandar Lampung dengan jumlah keseluruhan sebanyak 92 orang pada tahun 2023. Teknik sampling purposive sampling. Analisa data menggunakan univariate dan bivariate menggunakan uji Wilcoxon.

Rata-rata Hb pada remaja putri sebelum diberikan jus buah bit dengan Mean 10,470gr/dl yang artinya remaja putri mengalami anemia ringan. Rata-rata Hb pada remaja putri sesudah diberikan jus buah bit dengan Mean 11,117gr/dl yang artinya remaja putri sudah tidak mengalami anemia/ normal. Hasil uji statistik didapatkan uji beda mean 1,06 nilai P-value = 0,000 (<0,05) yang artinya terdapat pengaruh pemberian jus buah bit dengan kenaikan Hb remaja putri di SMK Guna Dharma Kota Bandar Lampung Tahun 2023. Diharapkan bagi remaja putri agar selalu mengkonsusmsi jus buah bit, serta konsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi sangat dianjurkan pada remaja yang mengalami anemia, karena akan membantu proses peningkatan Hb.

 

Kata Kunci             : Jus buah bit, kenaikan Hb, remaja putri

Daftar Pustaka       : 30 (2010-2022)

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-04

Arsip

Bagian

Artikel