E SKRIPSI HUBUNGAN PENGETAHUAN PADA REMAJA PUTRI DENGAN KEJADIAN KEPUTIHAN (FLUOR ALBUS) DI SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG

HUBUNGAN PENGETAHUAN PADA REMAJA PUTRI DENGAN KEJADIAN KEPUTIHAN (FLUOR ALBUS) DI SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG

Penulis

  • komang aprilia tiara mahasiswa

Abstrak

 

PROGAM STUDI DIV KEBIDANAN

FAKULTAS ILMU KESEHATAN

UNIVESITAS MALAHAYATI

SKRIPSI, AGUSTUS 2023

KOMANG APRILIA TIARA

 

HUBUNGAN PENGETAHUAN PADA REMAJA PUTRI 

DENGAN KEJADIAN KEPUTIHAN (FLUOR ALBUS) DI SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN 2023

xvii + 44 halaman + 4 tabel + 2 bagan + lampiran

 

ABSTRAK

 

Latar Belakang Dalam kesehatan reproduksi ada beberapa hal yang sering terjadi pada perempuan salah satu diantaranya adalah keputihan. Keputihan adalah keluarnya cairan selain darah dari liang vagina di luar kebiasaan, baik berbau ataupun tidak, serta di sertai rasa gatal setempat. Berdasarkan hasil presurvei di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung pada tahun 2023 di dapatkan seluruh remaja putri sejumlah 108 orang pernah mengalami keputihan dan mereka belum mengetahui tentang keputihan yang normal dan keputihan patologis. Sebanyak 75% perempuan termasuk di dalamnya remaja putri minimal pernah mengalami keputihan satu kali dalam hidupnya, Masalah kesehatan reproduksi yang sering di abaikan ini dapat mengakibatkan kehamilan diluar rahim serta kemandulan.. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan kejadian keputihan (fluor albus).

Metode Penelitian Jenis penelitian yang di gunakan penelitian kuantitatif, rancangan penelitian metode cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja putri di SMA sebanyak 108 orang. Sampel 85 orang dengan menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini di laksanakan pada bulan februari-juli 2023 di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung, analisa data univariat dan bivariat menggunakan uji chi square.

Hasil penelitian Hasil uji statistic didapatkan nilai P-value = 0,000 (<0,05) yang artinya ada hubungan antara pengetahuan tentang keputihan (fluor albus) dengan kejadian keputihan pada remaja putri di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung tahun 2023. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber informasi mengenai hubungan pengetahuan remaja putri dengan kejadian keputihan (fluor albus) sehingga reponden dapat mengetahui cara untuk mencegah terjadinya keputihan. Kesimpulan faktor yang paling dominan mempengaruhi terjadinya keputihan adalah pengetahuan yang masih kurang baik.

 

Kata Kunci :Pengetahuan, Keputihan (Fluor Albus), Remaja Putri

Daftar Pustaka : 12 (2005-2018)

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-04

Arsip

Bagian

Artikel