Y, PENGARUH PEMBERIAN SARI KURMA TERHADAP KADAR HB IBU NIFAS DI PMB WIRAHAYU BANDAR LAMPUNG TAHUN 2023

PENGARUH PEMBERIAN SARI KURMA TERHADAP KADAR HB IBU NIFAS DI PMB WIRAHAYU BANDAR LAMPUNG TAHUN 2023 Skr

Penulis

  • Yessi Oktaviana Putri

Abstrak

ABSTRAK
PENGARUH PEMBERIAN SARI KURMA TERHADAP KADAR HB IBU NIFAS DI PMB WIRAHAYU BANDAR LAMPUNG TAHUN 2023
xvi + 63 Halaman + 7 Tabel + 2 Bagan + Lampiran
Anemia postpartum (Nifas) didefinisikan suatu keadaan dengan ditandai menurunnya kadar hemoglobin di bawah nilai normal akibatnya dapat mengganggu kapasitas darah untuk mengangkut oksigen ke sekitar tubuh. Menurut (WHO, 2021). kejadian anemia pada ibu postpartum adalah 56%. India kematian akibat anemia mencapai 19%, dari kasus anemia pada ibu postpartum 65%- 75%. Data Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) pada tahun 2020 menyebutkan bahwa Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia sebesar 305 per 100.000 kelahiran hidup. Pada tahun 2020 di Indonesia kematian pada ibu postpartum dikarenakan anemia mencapai 30% (Kemenkes RI, 2020).
Jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Pra Ekspremintal dengan pendekatan one group pretest-postest. Data ini diambil menggunakan lembar observasi untuk mencatat nilai HB sebelum diberikan intervensi (pretest) dan sesudah diberikan intervensi (postest). Populasi dalam penelitian ini sebanyak 40 orang ibu nifas dan teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang ibu nifas.
Kesimpulan: Dari hasil penelitian yang dilakukan pada bulan juni tahun 2023 didapatkan rata-rata kadar hb sebelum diberikan sari krma sebesar 9,09 gr/dl dan rata-rata setelah diberikan sari kurma sebesar 12,3 gr/dl. Yang artinya bahwa terdapat perubahan peningkatan kadar hb sesudah diberikan sari kurma,sejalan dengan didapatkan nilai hasil uji stastik nilai p-value <0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh pemberian sari kurma terhadap kadar hb pada ibu nifas di PMB Wirahayu Tahun 2023.
Saran: Penelitianinidiharapkansebagaibahaninformasibagirespondenbahwadengan rutin mengonsumsi sari kurma selama 14 hari dapat meningkatkan kadar hemoglobin.
Kata Kunci : Sari Kurma, Kadar Hb, Ibu Nifas Daftar Pustaka : 15 (2011-2019)
x

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-04

Arsip

Bagian

Artikel