PENGARUH RELAKSASI PERNAPASAN TERHADAP INTENSITAS NYERI PADA PERSALINAN KALA I FASE AKTIF PADA IBU BERSALIN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PASIRAN JAYA TAHUN 2023

Penulis

  • Siti Khoirunikmah Malahayati

Abstrak

ABSTRAK

 

Latar belakang : Nyeri pada persalinan dapat mempengaruhi proses kelahiran. Nyeri juga meyebabkan aktivitas uterus yang tidak terkoordinasi yang akan mengakibatkan persalinan lama, rasa  nyeri  yang dirasakan  akan  membuat  Sebanyak 37,2  %  ibu  memilih  tindakan sectio caesaria karena ketakutan mengalami  nyeri  persalinan. Salah satu terapi non farmakologi yang dapat menurunkan rasa nyeri yaitu relaksasi napas dalam, Teknik relaksasi nafas dalam dipercaya mampu merangsang tubuh untuk melepaskan opoid endogen yaitu endorphin dan enkefalin. Endorfin dan enkefalin merupakan substansi di dalam tubuh yang berfungsi sebagai inhibitor terhadap transmisi nyeri. Tujuan penelitian ini diketahuipengaruh penerapan relaksasi pernapasan terhadap intensitas nyeri persalinan Kala I Fase Aktif pada ibu bersalin di Wilayah Kerja Puskesmas Pasiran Jaya Tahun 2023.

 

Metode : Jenis penelitian kuantitatif  rancangan penelitian pre-experimental design dengan one group pretest-posttest. Populasi seluruh ibu bersalin Kala I Fase Aktif sebanyak 52 orang, sampel berjumlah 30 responden diambil secara purposive sampling. Penelitian telah dilaksanakan di wilayah kerja Puskesmas Pasiran Jaya pada bulan Juni - Juli 2023.Pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Analisa data dilakukan uji univariat dan bivariat (uji Wilcoxon)

 

Hasil : Penelitian diketahui rata-rata intensitas nyeri persalinan Kala I Fase Aktif sebelum diberikan relaksasi pernapasan adalah 7,1 dan sesudah diberikan relaksasi napas dalam adalah 5,2. Ada pengaruh penerapan relaksasi pernapasan terhadap intensitas nyeri persalinan Kala I Fase Aktif fase aktif pada ibu bersalin di Wilayah Kerja Puskesmas Pasiran Jaya Tahun 2023 p-value = 0,000 (p-value < α = 0,05). Saran : diarapkan dapat digunakan sebagai alternatif teknik nonfarmakologi yang mudah untuk dilakukan tanpa efek yang membahayakan dalam memberikan intervensi dan asuhan pada ibu selama persalinan.

 

Kata Kunci : Kala I Fase Aktif, Nyeri Persalinan, Relaksasi Napas Dalam

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-04

Arsip

Bagian

Artikel