EFEKTIVITAS PIJAT BAYI TERHADAP PENINGKATAN BERAT BADAN PADA BAYI USIA 0-3 BULAN DI POSYANDU CENING TULANG BAWANG TAHUN 2023

Penulis

  • Ni ketut sani Malahayati

Abstrak

ABSTRAK

Berdasarkan survey data awal hasil penimbangan berat badan bayi di wilayah kerja Posyandu Cening Tulang Bawang, terdapat120 bayi yang tercatat melakukan penimbangan di posyandu dan hasilnya hanya terdapat 65 bayi atau sekitar 54% yang mengalamikenaikan berat badan, sisanya 55 bayi atau sekitar 46% bayi tidakmengalami kenaikan berat badan yang seharusnya. Rata-rata ibubayi tersebut tidak mengetahui dan tidak pernah melakukan caraperawatan kesehatan bayi dengan stimulasi pertumbuhan bayidengan menggunakan pijat bayi. Tujuan penelitian ini adalah diketahui efektivitas pijat bayi terhadap peningkatan berat badan pada bayi usia 0-3 bulan di Posyandu Cening Tulang BawangTahun 2023.

Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalahkuantitatif, rancangan penelitian menggunakan quasyexperimental design dengan pendekatan pretest posttest withcontrol group design. Populasi sampel penelitian ini adalah bayiusia 0-3 bulan di Posyandu Cening Tulang Bawang sebanyak 55 responden. Teknik sampling menggunakan purposive sampling, analisa data menggunakan univariate dan bivariate uji t-tes.

Rata-rata berat badan pada bayi usia 0-3 bulan sebelum dan sesudah diberi pijat bayi pada kelompok intervensi di PosyanduCening Tulang Bawang Tahun 2023 dengan mean 5.54500gr. Sesudah diberi pijat bayi dengan mean 6.07400gr. Rata-rata beratbadan pada bayi usia 0-3 bulan yang tidak diberi pijat bayi pada kelompok kontrol pada hari pertama di Posyandu Cening TulangBawang Tahun 2023 dengan mean 5.15000gr pada hari ke empatdengan mean 5.52000gr. Hasil analisa data bivariat menggunakan uji t-tes didapat nilai p-value 0.021 < 0.05 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat efektivitas pijat bayi terhadappeningkatan berat badan pada bayi usia 0-3 bulan di PosyanduCening Tulang Bawang Tahun 2023. Diharapkan para bidan perlumengembangkan promosi dan edukasi tentang pijat bayi kepadamasyarakat khususnya orang tua untuk meningkatkan kualitastidur bayi sehingga membantu meningkatkan berat badan bayi. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memberikan penyuluhanyang disertai dengan demonstrasi dan pemberian leaflet yang dapat dilakukan setiap 1 bulan sekali melalui posyandu-posyanduoleh petugas kesehatan.

Kata Kunci ​​: Bayi Usia 0-3 Bulan, Berat Badan, PijatBayi

Daftar Pustaka​​: 33 (2010-2022)

 

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-04

Arsip

Bagian

Artikel