E SKRIPSI PERBEDAAN KECEMASAN IBU BERSALIN KALA I YANG DIDAMPING OLEH SUAMI DAN KELUARGA DI BPS SRI MUNDARIJATI SUKOHARJO KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN 2017

Penulis

  • andri afrian ANAFARMA
  • VITI YUDISTIRA - 16340112P DIV KEBIDANAN

Kata Kunci:

IBU BERSALIN

Abstrak

PROGRAM STUDI D IV KEBIDANAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI
Karya Tulis Ilmiah I, 18 Agustus 2017 VITI YUDISTIRA
ABSTRAK
PERBEDAAN KECEMASAN IBU BERSALIN KALA I YANG DIDAMPING OLEH SUAMI DAN KELUARGA DI BPS SRI MUNDARIJATI SUKOHARJO KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN 2017
V+ 52 Halaman+ 10 Tabel+ 2 gambar+10 lampiran
Perasaan takut dan cemas merupakan faktor utama yang menyebabkan rasa sakit dalam persalinan dan berpengaruh terhadap kontraksi rahim dan dilatasi serviks sehingga persalinannya berlangsung lebih lama. Salah satu faktor menurunkan tingkat kecemasan diantaranya adalah pendamping persalinan, baik pendamping suami maupun keluarga. Tujuan penelitian ini diketahui perbedaan kecemasan ibu bersalin kala I yang didampingi oleh suami dan keluarga di BPS Sri Mundarijati Sukoharjo Kabupaten Pringsewu tahun 2017.
Jenis penelitian kuantitatif,bentuk desain adalah cross sectional.Populasi penelitian ini adalah ibu bersalin di BPS Sri Mundarijati Sukoharjo Kabupaten Pringsewu yang berjumlah 30 orang, sampel yang diambil sebanyak 30 orang (total sampling). Analisis penelitian ini menggunakan uji t test independent.
Hasil uji statistik menunjukkan bahwa rata-rata skor kecemasan ibu bersalin kala I yang didampingi suami adalah18,13±1,846 dan rata-rata skor kecemasan ibu bersalin kala I yang didampingi keluarga adalah 20,07±1,831. Pada hasil uji t test independent menunjukkan hasil analisis didapatkan p-value 0,008< 0,05 artinya ada perbedaan kecemasan ibu bersalin kala I yang didamping suami dan keluarga, dimana skor rata-rata kecemasan ibu bersalin kala I yang didamping suami lebih rendah secara bermakna dibandingkan dengan yang didampingi keluarga. Saran bagi tenaga kesehatan untuk memberikan informasi kepada suami agar ikut mendampingi dalam proses persalinan sehingga dapat membantu menurunkan kecemasan ibu bersalin.
Kata Kunci : Pemdaping suami dan keluarga,kecemasan ibu bersalin kala I Kepustakaan : 19 (2010-2017)

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-04

Arsip

Bagian

Artikel