The PENGARUH EMOTIONAL INTELLIGENCE DAN PRESTASI AKADEMIK DENGAN KECENDERUNGAN CONDUCT DISORDER PADA REMAJA

PENGARUH EMOTIONAL INTELLIGENCE DAN PRESTASI AKADEMIK DENGAN KECENDERUNGAN CONDUCT DISORDER PADA REMAJA

Penulis

  • Yesi Amelia Fradana S1 Psikologi

Kata Kunci:

Emotional Intelligence, Prestasi Akademik, Kecenderungan Conduct Disorder

Abstrak

Pelanggaran norma yang akhir-akhir ini menjadi perhatian lapisan masyarakat
yaitu perilaku melanggar yang dilakukan oleh remaja. Keterlibatan remaja dalam
pelanggaran norma tersebut dapat diklasifikasikan sebagai kecenderungan conduct
disorder. Kecenderungan conduct disorder dapat dipengaruhi oleh beberapa
faktor antara lain emotional intelligence dan prestasi akademik. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh emotional intelligence dan prestasi
akademik terhadap kecenderungan conduct disorder pada remaja. penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif yang melibatkan 395 siswa SMA dari jurusan
IPA dan IPS, kelas X, XI, dan XII di Bandar Lampung. Teknik pengambilan
sampel menggunakan cluster sampling dan di dapatkan lima sekolah sebagai
tempat pengambilan data. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan skala model likert yaitu skala kecenderungan conduct disorder,
skala emotional intelligence, dan untuk prestasi akademik menggunakan data
demografi berupa nilai rapor siswa. Analisis data menggunakan analisis regresi
berganda. Hasil analisis menunjukan bahwa ada pengaruh antara emotional
intelligence dan prestasi akademik dengan kecenderungan conduct disorder pada
remaja sebesar 0,210 yang menunjukan 21% varians kecenderungan conduct
disorder dapat dijelaskan oleh emotional intelligence dan prestasi akademik
adapun sisanya 79% dipengaruhi faktor lain di luar penelitian ini.
Kata Kunci : Emotional Intelligence, Prestasi Akademik, Kecenderungan
Conduct Disorder

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-04